Kompas.com - 05/05/2022, 20:19 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai negara besar di asia, Indonesia mempunyai banyak daya tarik. Termasuk bahasa nasional, Bahasa Indonesia.

Saat ini banyak siswa internasional yang mempelajari budaya Indonesia termasuk bahasanya. Di jenjang perguruan tinggi, ada kampus yang menyediakan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

BIPA merupakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing baik dalam berbicara, menulis, membaca, maupun mendengarkan.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) termasuk salah satu perguruan tinggi yang mempunyai program BIPA dan selalu menjadi tempat tujuan belajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa luar.

Baca juga: Baju Baru Lebaran, Pakar UNS: Waspadai Limbah Pakaian yang Meningkat

Bhante asal Kamboja kuliah di Unesa

Setiap tahun, Unesa bisa menerima puluhan mahasiswa dari berbagai negara. Mulai dari mahasiswa dari Asia hingga Eropa. Dari sekian banyak mahasiswa BIPA Unesa, ada salah satu mahasiswa yang juga seorang bhante atau biksu.

Ia bernama Chanthoeurn Dock dari Phnom Penh, Kamboja. Pria 30 tahun ini selama kuliah di Unesa dalam aktivitas sehari-hari baik di asrama maupun di lingkungan kampus selalu mengenakan jubah bhante-nya, termasuk saat kuliah.

Pria yang disapa Chanthoeurn itu menuturkan, sudah dua semester mengikuti program BIPA di Unesa.

Sejauh ini, proses perkuliahan masih dilakukan secara daring dan banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar dan mendalami bahasa Indonesia di asrama.

Baca juga: PT Ericsson Indonesia Buka Lowongan Kerja S1, Ayo Daftar

Belajar Bahasa Indonesia penting

Di waktu senggang, Chanthoeurn juga melakukan kegiatan seperti mahasiswa lainnya. Seperti keluar bersama teman-temannya sembari melihat suasana Kota Surabaya dan aktivitas serta budaya di masyarakat.

Dia mengaku cepat beradaptasi dengan kuliner Indonesia, nasi goreng salah satu kesukaannya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.