Kompas.com - 03/05/2022, 14:18 WIB
|

KOMPAS.com - Di era globalisasi saat ini, lulusan sarjana perlu memiliki kompetensi agar bisa cepat diserap dunia kerja.

Salah satu yang penting untuk dikuasai adalah bahasa asing. Salah satu bahasa internasional yang wajib dikuasai agar cepat diserap dunia kerja adalah bahasa Inggris.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan bahasa Inggris pun banyak dipilih oleh para siswa. Bagi kamu yang mengaku jatuh cinta dengan bahasa Inggris, ada banyak keuntungan memilih jurusan English Literature alias Sastra Inggris.

Lulusan jurusan ini ternyata punya kesempatan bekerja yang sangat luas. Tidak hanya sebatas penerjemah saja, tetapi juga profesi kelas atas seperti diplomat dan profesi lain yang banyak dicari di era industri 4.0 ini, yaitu pekerja kreatif.

Baca juga: Medion Farma Jaya Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (3/5/2022), berikut prospek kerja dari jurusan Sastra Inggris.

Bahasa Inggris saat ini sudah mendominasi semua aspek khususnya di bidang komunikasi. Sebagai lulusan English Literature, berbagai bidang pekerjaan berikut bisa jadi pilihan kamu:

1. Penerjemah

Tentu saja, kamu punya kesempatan besar sebagai penerjemah tersumpah, baik dalam bentuk lisan maupun dokumen tertulis. Beberapa contoh dokumen yang kerap membutuhkan jasa penerjemah adalah:

  • Dokumen finansial: profil perusahaan, form pajak, dan lain sebagainya.
  • Dokumen akademis: piagam, ijazah, SKHUN, dan lain sebagainya.
  • Dokumen legal: SIUP, Akta PKPS, dan lain sebagainya.
  • Dokumen teknis: AMDAL, SOP, konten website, dan lain sebagainya.
  • Dokumen pribadi: KK, Akta, dan lain sebagainya.

Baca juga: Yuk Intip Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia

2. Pengajar

Lulusan jurusan Sastra Inggris sangat bisa menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris. Contoh profesi yang bisa kamu tekuni adalah dosen, guru, atau tutor kursus dan lembaga pendidikan. Kamu juga bisa membuka jasa mengajar les private dari rumah ke rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.