Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawan Lama Dukung PTM Kondusif di 30 SMK Jakarta

Kompas.com - 17/03/2022, 16:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai kembali digelar pada bulan Januari 2022.

Hal ini diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang baru dirilis pada akhir Desember 2021.

Baca juga: 3 Kesepakatan Rektor-Dosen SBM ITB, Salah Satunya Tak Mogok Mengajar

Namun, untuk daerah dengan PPKM level 2 diberikan diskresi untuk dapat menyesuaikan PTM dengan kapasitas siswa 100 persen menjadi 50 persen mulai diberlakukan pada 3 Februari 2022.

Melihat pelaksanaan PTM di kondisi pandemi seperti saat ini, lingkungan yang sehat untuk mendukung aktivitas belajar mengajar para insan pendidikan bukan hanya menjadi tugas dari Pemerintah, melainkan tanggung jawab dan menjadi perhatian dari semua pihak, termasuk PT Kawan Lama Sejahtera.

Sebagai bentuk dukungan PTM yang kondusif, Kawan Lama memberikan solusi kebersihan berupa cleaning equipment kepada 30 SMK di DKI Jakarta.

Acara yang digelar di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, pada Selasa (15/3/2022), merupakan kerja sama antara PT Kawan Lama Sejahtera dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan MGMP Teknik Mesin DKI Jakarta.

Direktur Kawan Lama Sejahtera, Albert Primusanto mengatakan, Kawan Lama terus berkomitmen menjadi bagian dari ekosistem pendidikan di Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan PTM di situasi pandemi tidak dapat dipandang sebelah mata.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama agar proses belajar mengajar tetap berada pada lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat mendukung kualitas pendidikan kita," ucap dia.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek dengan Kawan Lama yang telah disepakati keduanya di Kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta.

Baca juga: Beasiswa Santri 2022: Syarat, Kuota, dan Tujuan Perguruan Tinggi

Adapun ruang lingkup dalam pelaksanaan kerja sama ini mencakup :

  • Peningkatan kompetensi bagi instruktur/guru/dosen, tenaga kependidikan dan peserta didik.
  • Penyediaan instruktur/guru/dosen tamu dari DUDI di satuan pendidikan vokasi.
  • Pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana.
  • Fasilitasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi instruktur/guru/dosen, tenaga kependidikan dan peserta didik.
  • Fasilitasi pelaksanaan praktik kerja lapangan dan/atau magang.
  • Fasilitasi rekrutmen lulusan pendidikan vokasi.
  • Fasilitasi pemberian beasiswa.

Pendistribusian 30 unit Cleaning Equipment ini ditandai lewat penyerahan secara simbolis high pressure cleaner nilfisk C100.7 oleh Direktur PT Kawan Lama Sejahtera, Albert Primusanto kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan langsung kepada perwakilan dari 30 SMK di DKI Jakarta.

Kegiatan ini juga sebagai bagian untuk mendukung program link and match dunia usaha dunia industri (DUDI) dengan dunia pendidikan vokasi.

Tujuannya, agar sekolah yang melaksanakan PTM dapat menggunakan high pressure cleaner untuk melakukan penyemprotan desinfektan dan melakukan pembersihan sekolah secara efektif, sekaligus penggunaan air yang efisien. Program kegiatan ini turut diapresiasi Nahdiana.

Nahdiana mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Kawan Lama Sejahtera yang sudah mendukung pendidikan vokasi serta menyelenggarakan ragam kegiatan pelatihan untuk tenaga pengajar dan peserta didik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com