Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Prodi UNJ Raih Akreditasi Internasional AQAS

Kompas.com - 17/03/2022, 11:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 18 program studi (prodi) Universitas Negeri Jakarta memperoleh status akreditasi AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes).

AQAS sendiri merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional yang menilai standar kualitas universitas di dunia berdasarkan standar pendidikan tinggi Eropa (EHEA).

Akreditasi internasional AQAS dibuat didasarkan “Standar dan Pedoman Penjaminan Mutu di Wilayah Pendidikan Tinggi Eropa” (ESG) sebagai standar umum untuk penjaminan mutu internal dan eksternal dalam pembelajaran dan pengajaran.

Ke-18 prodi UNJ yang memperoleh akreditas AQAS terdiri atas 17 prodi pascasarjana dan satu prodi S1 (Pendidikan Jasmani) yang terbagi dalam empat klaster.

Klaster satu diraih Prodi S2 dan S3 Pendidikan Dasar, Prodi S2 dan S3 Teknologi Pendidikan, Prodi S2 dan S3 Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi S2 dan S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Status akreditasi AQAS Cluster 1 ini berlaku hingga 30 September 2027.

Klaster dua terdiri dari Prodi S2 Pendidikan Sejarah, S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 Linguistik Terapan, dan S3 Linguistik Terapan. Status akreditasi AQAS Cluster 2 ini berlaku hingga 30 September 2028.

Klaster tiga diperoleh oleh Prodi S2 Manajemen Lingkungan, S2 Pendidikan Lingkungan, dan S3 Ilmu Manajemen. Status akreditasi AQAS Cluster 3 ini berlaku hingga 30 September 2028. Kemudian klaster 4 terdiri dari prodi S1, S2, dan S3 Pendidikan Jasmani. Status akreditasi AQAS cluster 4 ini berlaku hingga 30 September 2028.

Peningkatan kualitas

"Semoga perolehan akreditasi internasional ini terus bergulir pada prodi lain, bukan hanya pada Prodi Pascasarjana UNJ, tetapi juga pada Prodi S1 dan Diploma di lingkungan UNJ," ungkap Prof. Komarudin, Rektor UNJ melalui rilis resmi (16/3/2022).

Baca juga: Unand Ajukan 8 Prodi Raih Akreditasi Internasional FIBAA

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Pascasarjana, baik yang sekarang maupun sebelumnya yang sudah merintis proses akreditasi internasional, juga kepada para korprodi dan tim taskforce akreditasi internasional pascasarjana yang telah bekerja luar biasa hingga perolehan sertifikat yang sangat membanggakan," tambah Prof. Komarudin.

Dalam kesempatan sama, Prof. Dedi Purwana, Direktur Pascasarjana UNJ menambahkan perolehan akreditasi internasional bagi 17 prodi pascasarjana dan satu prodi S1 Pendidikan Jasmani diharapkan mampu menjadi penyemangat dalam mencapai visi dan misi Pascasarjana menjadi pusat pembelajaran berbasis riset bereputasi di Asia.

Apresiasi juga datang dari Prof. Wardani Rahayu, Wakil Direktur I Pascasarjana UNJ yang mengatakan raihan status akreditasi internasional ini menjadi motivasi untuk terus menciptakan iklim akademik yang baik di lingkungan pascasarjana UNJ.

"Semangat kami melakukan yang terbaik untuk peningkatan kualitas pendidikan di Pascasarjana, sehingga terbentuk SDM yang unggul," tegas Prof. Wardani Rahayu.

Prof. Muh. Japar, Wakil Direktur II Pascasarjana UNJ mengatakan perolehan akreditasi internasional AQAS adalah sebuah prestasi hasil kolaborasi dari semua pemangku kepentingan, baik manajemen di level UNJ, di level pascasarjana dan prodi yang secara total mempersiapkan dan mengikuti akreditasi internasional.

"Harus disadari pemerolehan akreditasi internasional ini merupakan awal perjuangan di mana ke-18 prodi tersebut harus terus melakukan continues improvement di berbagai aspek sehingga sertifikat akreditasi internasional ini dapat dipertahankan karena mempertahankan itu jauh lebih sulit dibandingkan mendapatkan," pesan Prof. Arita Marinim, Wakil Direktur III Pascasarjana UNJ.

Faisal Madani, Ketua Pelaksana Akreditasi AQAS menjelaskan akreditasi internasional ini merupakan proses quality improvement agar mencapai 7 standar yang ditetapkan oleh Europen Standard Guideline untuk Higher Education di Eropa.

Baca juga: Undip Bidik 6 Prodi FISIP Raih Akreditasi Internasional pada 2022

 

Ia menyampaikan, pascasarjana UNJ mengikuti proses akreditasi Internasional melalui AQAS agar dapat terakreditasi Internasional yang diberikan untuk periode 6 tahun.

"Diharapkan tidak hanya 18 prodi ini saja yang mendapatkan akreditasi internasional, tetapi juga seluruh prodi yang ada di UNJ dapat segera memperoleh akreditasi internasional sehingga dapat mewujudkan visi unggul dan bereputasi di kawasan Asia," ujar tutup Faisal Madani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com