Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Telah Buka Seleksi Mandiri Jenjang S1 Jalur Prestasi

Kompas.com - 15/03/2022, 12:13 WIB
Dian Ihsan

Penulis

 

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) Jalur Prestasi.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unnes.

Baca juga: 3 Kesepakatan Rektor-Dosen SBM ITB, Salah Satunya Tak Mogok Mengajar

Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman mengatakan, pendaftaran Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi dilaksanakan secara daring (online) mulai 1 Maret sampai 30 Mei 2022 melalui laman pendaftaran http://penerimaan.unnes.ac.id.

"Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi tahun akademik 2022/2023 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Unnes," jelas dia melansir laman Unnes, Selasa (15/3/2022).

Prof. Fathur Rokhman juga mengatakan, Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan.

Persyaratan mengikuti seleksi mandiri Unnes

Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhanudin menjelaskan, ada beberapa persyaratan mengikuti Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi, yakni:

Baca juga: Kisah dan Tips Si Kembar Raih Kuliah di Unair Lewat Golden Ticket 2022

1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

  • Juara I, II dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim. Penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten dan hak cipta atau HKI lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  • Pernah menjabat sebagai Ketua OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK," jelas dia.
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan (beladiri, tennis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport, dan sepak takraw) yang diselenggarakan oleh KONI, Kemendikbud Riste dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, dan fotografi. Juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
  • Juara Olimpiade/lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.

2. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemdikbud Ristek atau Kementerian lainnya.

3. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada nomor 1 sampai 8 harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

4. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Baca juga: Kisah Athi, Mahasiswa UNY Lulus Sarjana Tanpa Skripsi

Nah itulah cara masuk Unnes lewat seleksi mandiri Unnes jalur prestasi. Maka dari itu, calon mahasiswa jangan sampai ketinggalan ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com