Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Baru Politeknik Negeri Tanah Laut Pakai Nama Nadiem Makarim

Kompas.com - 28/01/2022, 12:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, meresmikan dua Gedung baru Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kedua gedung tersebut merupakan gedung kuliah teknik informatika yang diberi nama Nadiem Anwar Makarim.

Lalu gedung lainnya yakni gedung kuliah terpadu yang bernama Syekh Muhammad Arsyad al Banjari, seorang tokoh ulama asal Kalsel.

Pembangunan kedua Gedung ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Laut, Kalsel, melalui pengembangan infrastruktur.

Baca juga: Beasiswa S2 di Swedia 2022, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 15 Juta Per Bulan

“Selamat gedung ini sudah bisa digunakan lagi. Harapan kami bisa menggandakan mahasiswa biar nanti lebih banyak lagi anak-anak hebat yang lahir dari Politala ini,” tutur Wikan, dilansir dari laman Kemendikbusristek. 

Terlebih, dengan hadirnya gedung baru tersebut diharapkan juga dapat menghasilkan SDM yang unggul, kompeten. 

Serta berdampak yang nyata untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya Kabupaten Tanah Laut.

Wikan menyebut, kebutuhan infrastruktur Politala tak lepas dari potensi Kabupaten Tanah Laut di bidang pariwisata dan pertanian.

Selain itu, Politala hadir untuk berkolaborasi dengan SMK dan seluruh perguruan tinggi di Kalsel guna menciptakan SDM yang kompeten, yakni kemampuan nonteknis (soft skills), karakter, dan kemampuan teknis (hard skills). 

 

Selain itu, Wikan juga mengucapkan terima kasih kepada Politala yang telah berkomitmen dalam mendukung pengembangan ekosistem pendidikan vokasi melalui program upgrade D3 menjadi sarjana terapan.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Karenanya, Wikan mengimbau kepada seluruh civitas akademi di Politala untuk turut mengikuti program Kampus Merdeka.

“Ayo daftar program Kampus Merdeka yang anggarannya ratusan miliar untuk pengiriman mahasiswa ke luar negeri, untuk mahasiswa magang, untuk menghadirkan peran industri mengajar di sini, dan banyak lainnya,” tutur Wikan.

Lebih lanjut, Wikan juga menjelaskan mengenai program Kampus Merdeka Vokasi, di antaranya matching fund serta adanya riset terapan.

“Jadi, riset di perguruan tinggi dengan industri itu untuk menghasilkan produk yang bisa dihilirkan ke masyarakat," jelasnya. Sehingga, dari riset vokasi bisa menghasilkan produk yang menjadi problem solver. 

Direktur Politala, Mufrida Zein menyampaikan, gedung baru tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

Ditambah lagi, adanya program studi (prodi) baru yang akan menjadi kekuatan untuk memajukan Politala, khususnya Kabupaten Tanah Laut.

"Dengan pembangunan gedung yang turut difasilitasi Kemdikbud Ristek, maka ke depan akan disiapkan prodi-prodi lainnya, yakni D4 perpajakan dan D4 alat berat yang bersinergi dengan jurusan mesin otomotif yang ada," jelas Mufrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com