Kompas.com - 26/01/2022, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat tren pekerjaan ikut berubah mengikuti kebutuhan zaman. Akan ada banyak jenis pekerjaan baru yang menanti di masa depan.

Menurut prediksi World Economic Forum (WEF), mulai tahun 2025 diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Dengan begitu, lulusan perlu meningkatkan skill agar tak tergantikan oleh mesin.

Meski begitu, ada sejumlah pekerjaan yang dinilai tak lekang oleh waktu, meski skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut tetap berkembang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya akan selalu banyak dicari di masa depan, merangkum laman Ruangguru:

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Selama manusia ada di muka bumi, maka tenaga kesehatan akan terus dibutuhkan. Apalagi sejak pandemi Covid-19 ini, sangat banyak dibutuhkan tenaga ahli agar manusia bisa menghadapi pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.

Itulah mengapa, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang.

2. Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan.

Farmasi di sini tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja, tetapi juga industri kosmetik. Perkembangan industri kosmetik di dunia, termasuk Indonesia, terbilang sangat pesat.

Lulusan Farmasi akan bertugas untuk meracik, menganalisis, dan mengindentifikasi obat-obatan serta kosmetik yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

3. Keperawatan

Dokter tidak mungkin bekerja seorang diri, sehingga lulusan dari jurusan Keperawatan juga sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.