Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Undip, IPB, UNY

Kompas.com - 10/05/2021, 10:16 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri 2021 sebagai jalur pilihan bila calon mahasiswa tak lolos masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Bila calon mahasiswa akan mengikuti jalur mandiri di IPB University, Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berikut rangkuman kisaran biaya masuk melalui Jalur Mandiri 2021, merangkum laman resmi PTN bersangkutan.

Kisaran biaya bisa berbeda-beda sesuai dengan jurusan atau program studi (prodi) yang dipilih. Pendapatan atau gaji orangtua pun bisa memengaruhi besaran biaya kuliah yang akan dibayarkan oleh calon mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Biaya ini bisa mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan setiap kampus. Untuk itu, calon mahasiswa bisa melihat perkembangan terkait biaya pendidikan melalui laman resmi kampus tujuan.

IPB University

IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK). UTM-BK merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019.

Untuk tahun 2021, UTMBK kembali akan dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu berdasar hasil “UTMBK online” IPB dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT.

Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK LTMPT atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara “online”dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya. Jika peserta mendaftar keduanya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Unpad, Unair, ITS

Pendaftaran UTM-BK berlangsung 13 April hingga 16 Juni 2021. Sebagai informasi, untuk jalur masuk UTM-BK program sarjana dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) disamping UKT.

UKT merupakan bentuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang merupakan kontribusi orang tua mahasiswa atas penyelenggaraan pendidikan di IPB yang besarnya ditentukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial-ekonomi mahasiswa yang bersangkutan (terbagi atas 5 golongan) dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) tiap program studi. Berikut kisarannya:

  • Biaya UKT per semester: Rp 2,4 juta - Rp 11 juta
  • Biaya BPIF minimal: Rp 20 juta - Rp 50 juta

Rincian lengkap biaya studi dapat dilihat melalui laman ini.

Universitas Diponegoro (Undip)

Memperhatikan permintaan yang tinggi dari Masyarakat terhadap Seleksi Ujian Mandiri, Universitas Diponegoro akan membuka kembali Ujian Mandiri (UM) dengan menggunakan portofolio dan Ujian Online di tahun 2021.

Pendaftaran online UM Undip dibuka sejak 19 April hingga 17 Juni 2021 Pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Jalur Mandiri Simak UI 2021: Daya Tampung Prodi S1 dan Biaya Kuliah

Melansir laman Undip, berikut sejumlah ketentuan yang memengaruhi besaran UKT dan SPI bagi calon mahasiswa Program Sarjana dan Diploma Jalur Ujian Mandiri:

Mahasiswa yang diterima melalui Ujian Mandiri Jalur Reguler ditetapkan UKT tertinggi dengan SPI sesuai pilihan golongan.

Mahasiswa yang diterima melalui Ujian Mandiri Jalur Kerja sama ditetapkan UKT tertinggi dengan SPI sesuai isian yang besarannya minimal golongan 2.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com