Kompas.com - 26/01/2022, 10:33 WIB
Komodo Math Festival 2022 DOK. EDUVERSAL INDONESIAKomodo Math Festival 2022

KOMPAS.com - Eduversal Indonesia kembali menghadirkan ajang kompetisi matematika tingkat internasional bertajuk Komodo Math Festival 2022 yang akan digelar pada 29 Januari - 16 April 2022. 

Komodo Math Festival 2022 merupakan ajang internasional lanjutan dari EMC (Eduversal Mathematics Competition) yang memiliki rangkaian kegiatan lebih beragam dibandingkan ajang-ajang sebelumnya.

"Event Komodo Math Festival ini diselenggarakan pertama kali tahun ini, namun merupakan pengembangan dari program international mathematics competition (i-emc) yang sudah diselenggarakan dua kali tahun 2020 dan 2021," ungkap Ade Kiki Ruswandi, Project Manager Komodo Math Festival.

Ia menyampaikan, pihaknya menargetkan tahun ini Komodo Math Festival dapat diikuti siswa dari 75 negara. Dalam kegiatan sebelumnya, sebanyak 1.500 peserta dari 64 negara turut berpartisipasi.

Yang menarik, Komodo diambil menjadi maskot utama kompetisi matematika internasional yang diselenggarakan Eduversal Indonesia yang tahun ini mengangkat tema “A Playing Ground for Agile Young Minds”.

"Karakter Komodo dipilih karena hewan asli Indonesia ini memiliki beberapa kelebihan yakni kecakapan, kelincahan, kemampuan merawat diri, dan kemampuan bertahan hidup, yang merupakan sifat-sifat penting di era pandemi sekarang ini," jelas Kiki kepada Kompas.com melalui pesan singkat (26/1/2022).

Kegiatan dan kategori usia

Selain kompetisi matematika sebagai kegiatan utamanya, dalam Komodo Math Festival juga terdapat kegiatan puzzle dan kuis mingguan, rangkaian webinar seru tentang matematika, lomba video pengajaran untuk guru, dan banyak lagi.

Baca juga: Bukan Sekadar Hitung-hitungan, LOGIKA UI Perkenalkan Matematika sebagai Seni Berlogika

Peserta Komodo Math Festival 2022 adalah siswa sekolah dari seluruh dunia dan dapat mendaftar pada salah satu dari empat kategori usia, yaitu:

  • Salamander: sampai usia 10 tahun.
  • Chameleon: sampai usia 12 tahun.
  • Iguana: sampai usia 15 tahun.
  • Dragon: sampai usia 18 tahun.

Ada empat bahasa yang akan digunakan dalam kompetisi ini yaitu bahasa Inggris, Rusia, Spanyol dan Indonesia.

"Program komodo adalah program bertaraf internasional. Kami ingin memberikan kesempatan untuk semua siswa agar bisa membandingkan kemampuan dengan negara-negara lain dalam aspek matematika," ujar Kiki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.