Kompas.com - 18/01/2022, 15:32 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Erry Sugiharto mengatakan sebanyak 48 ribu pekerja Pertamina.

Itu terdiri dari 37 ribu pegawai tetap dan 11 ribu pegawai tidak tetap (kontrak), sekitar 54 persen didominasi oleh generasi milenial.

Baca juga: Viral Sesajen Ditendang, Ini Tanggapan Pakar UGM

Umumnya para pegawai usia milenial ini sangat ingin adanya perubahan dan menginginkan tantangan dengan bekerja di Pertamina saat ini.

Pertamina, menurut dia, bisa memanfaatkan bonus demografi ini dengan meningkatkan produktivitas pegawainya, dengan menyiapkan ruang dan waktu untuk berinovasi dan menciptakan kreatifitas untuk kemajuan perusahaan.

"Sekitar 54 persen pegawai kita adalah generasi milenial," ucap Erry saat memberikan pembekalan bagi calon wisudawan program Pascasarjana UGM, seperti melansir laman UGM, Selasa (18/1/2022).

Dia mengajak para calon wisudawan Pascasarjana UGM untuk mendaftar menjadi pegawai di Pertamina.

Namun demikian, dalam perekrutan calon pegawai baru menurutnya Pertamina menekankan pada kemampuan softskill dalam kepemimpinan tidak hanya pada keterampilan teknis.

"Yang dibutuhkan soft skill bidang leadership, skill teknis biasanya sudah terbentuk sejak masuk," kata dia.

Baca juga: Fenomena Spirit Doll, Guru Besar IPB: Bukan Hal Baru

Kemampuan dalam kepemimpinan, kata dia, sangat penting untuk mendorong capaian target Aspirasi Pertamina menjadi perusahaan global energy terdepan dengan nilai valuasi pasar 100 miliar dolar AS.

Lalu Pertamina menjadi Top 100 Global Fortune pada 2024, dengan cara melakukan restrukturisasi organisasi dalam mengelola kegiatan operasi perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.