Kompas.com - 18/01/2022, 14:50 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia hingga kini belum berakhir. Selain menerapkan protokol kesehatan, seluruh masyarakat juga diimbau untuk vaksin Covid-19.

Sebab, pemberian vaksinasi diperlukan untuk merangsang sistem imun seseorang dalam membentuk kekebalan ataupun antibodi.

Menurut Pakar Kesehatan Anak FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga menjabat sebagai Tim Satgas Imunisasi DIY, dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD., SpA(K)., menjelaskan, penelitian menunjukkan bahwa pemberian vaksin booster mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi SARS-CoV-2.

Baca juga: Webinar Unhas Bahas Varian Baru Covid-19 dan Efikasi Vaksin

Terkait vaksinasi Covid-19, memang untuk mencapai kekebalan tubuh membutuhkan 2 dosis vaksinasi, karena kekebalan akan muncul 2 minggu setelah vaksin kedua.

Ada penurunan kekebalan usai vaksin kedua

Namun, berdasarkan kajian penelitian, ternyata dalam waktu 6 bulan terdapat penurunan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, waktu minimal 6 bulan setelah vaksin kedua menjadi pilihan tepat untuk memberikan vaksin booster agar memperkuat atau mencapai sistem imun tinggi.

"Memang vaksin booster ini bukan wajib namun justru menjadi hak warga negara untuk mendapatkannya," ujarnya seperti dikutip dari laman FKKMK UGM, Senin (17/1/2022).

Dijelaskan, per 12 Januari 2022 ada edaran pemerintah yang menyebutkan vaksin booster untuk usia 18 tahun ke atas, namun prioritasnya pada lansia dan yang memiliki komorbid.

"Ini karena mereka tergolong kelompok rentan. Jika mereka terpapar akan berisiko memunculkan komplikasi," imbuhnya.

Karenanya, dr. Mei Neni juga menyebutkan jika suatu kabupaten, provinsi maupun kota sudah memenuhi cakupan vaksin lebih dari 70 persen maka siapapun yang sudah berusia lebih dari 18 tahun bisa diberikan vaksin booster.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.