Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda UMJ, Rektor Ajak Wisudawan Bantu Dakwah Islam Berkemajuan dan Moderat

Kompas.com - 27/11/2021, 19:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Wisuda Program Doktor ke-5, Program Magister ke-43, Program Sarjana ke-74, dan Program Diploma III, pada Sabtu (27/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition, BSD.

Wisuda dihadiri secara luring oleh 1.673 wisudawan yang berasal 10 fakultas dan pada saat bersamaan disaksikan secara daring civitas academica UMJ, dan keluarga wisudawan yang berada di berbagai daerah.

Pada prosesi wisuda kali ini, orangtua dan keluarga wisudawan tidak diperkenankan hadir di dalam ruangan guna menjaga protokol kesehatan tetap berjalan dengan ketat,

Rektor UMJ, Ma’mun Murod secara khusus menyampaikan permohonan maaf kepada orangtua dan keluarga para wisudawan karena UMJ tidak dapat melaksanakan offline murni. Hal ini sesuai dengan arahan Satgas Covid-19.

Ma’mun Murod dalam sambutannya secara luring mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menitipkan harapan untuk menebarkan dakwah Islam yang berkemajuan.

“Dimanapun Anda berkarya nanti, sebagai alumni UMJ, tetap tebarkan dan bantu dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat. Bukan dengan cara yg ekstrim. Karena masih banyak persoalan yang berkaitan dengan radikalisme beragama," harap Rektor UMJ.

"Persoalan lain adalah terkait dengan Pancasila yang menurut Rektor UMJ harus dimaknai bukan hanya sebagai ideologi negara namun bagaimana Pancasila harus diimplementasikan di tengah bernegara, berbangsa dan bermasyarakat," tegas Ma'mun Murod.

Wisudawan berdaya saing

Prof. Ahmad Thib Raya, Wakil Koordinator Kopertais (Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) Wilayah I DKI Jakarta dalam sambutannya daring juga menitipkan pesan kepada para wisudawan untuk menjaga prinsip-prinsip yang diajarkan UMJ.

“Di mana pun kamu berada, bertakwalah pada Allah. Bergaullah dengan siapapun di tengah masyarakat dengan akhlak mulia," pesan Prof. Ahmad.

Baca juga: Semarak Kemeriahan Hiasi Parade Wisuda Oktober ITB 2021

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III menyampaikam pesan secara luring bahwa para wisudawan akan bersaing dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri, bukan hanya dalam negeri.

Terlebih pada era disrupsi, banyak perusahaan atau lembaga akan mengurangi penggunaan tenaga manusia. Para wisudawan sebagai alumni UMJ harus selalu siap dalam persaingan.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Majelis Muhammadiyah, Prof. Lincolin, turut menyemangati para wisudawan UMJ harus mampu mengembangkan diri, profesional dan inovatif.

Lincolin juga menitipkan pesan bahwa UMJ sebagai kampus tertua harus menjadi contoh bagi Universitas Muhammadiyah lainnya di seluruh Indonesia.

Di akhir rangkaian sambutan, Prof. Sofyan Anif, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, menyampaikan orasi ilmiah tentang pentingnya kemampuan berkomunikasi sebagai salah satu soft skill yang dibutuhkan para wisudawan selain kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com