Kompas.com - 27/11/2021, 19:50 WIB
Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Wisuda pada Sabtu (27/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition, BSD. DOK. UMJUniversitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Wisuda pada Sabtu (27/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition, BSD.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Wisuda Program Doktor ke-5, Program Magister ke-43, Program Sarjana ke-74, dan Program Diploma III, pada Sabtu (27/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition, BSD.

Wisuda dihadiri secara luring oleh 1.673 wisudawan yang berasal 10 fakultas dan pada saat bersamaan disaksikan secara daring civitas academica UMJ, dan keluarga wisudawan yang berada di berbagai daerah.

Pada prosesi wisuda kali ini, orangtua dan keluarga wisudawan tidak diperkenankan hadir di dalam ruangan guna menjaga protokol kesehatan tetap berjalan dengan ketat,

Rektor UMJ, Ma’mun Murod secara khusus menyampaikan permohonan maaf kepada orangtua dan keluarga para wisudawan karena UMJ tidak dapat melaksanakan offline murni. Hal ini sesuai dengan arahan Satgas Covid-19.

Ma’mun Murod dalam sambutannya secara luring mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menitipkan harapan untuk menebarkan dakwah Islam yang berkemajuan.

“Dimanapun Anda berkarya nanti, sebagai alumni UMJ, tetap tebarkan dan bantu dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat. Bukan dengan cara yg ekstrim. Karena masih banyak persoalan yang berkaitan dengan radikalisme beragama," harap Rektor UMJ.

"Persoalan lain adalah terkait dengan Pancasila yang menurut Rektor UMJ harus dimaknai bukan hanya sebagai ideologi negara namun bagaimana Pancasila harus diimplementasikan di tengah bernegara, berbangsa dan bermasyarakat," tegas Ma'mun Murod.

Wisudawan berdaya saing

Prof. Ahmad Thib Raya, Wakil Koordinator Kopertais (Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) Wilayah I DKI Jakarta dalam sambutannya daring juga menitipkan pesan kepada para wisudawan untuk menjaga prinsip-prinsip yang diajarkan UMJ.

“Di mana pun kamu berada, bertakwalah pada Allah. Bergaullah dengan siapapun di tengah masyarakat dengan akhlak mulia," pesan Prof. Ahmad.

Baca juga: Semarak Kemeriahan Hiasi Parade Wisuda Oktober ITB 2021

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III menyampaikam pesan secara luring bahwa para wisudawan akan bersaing dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri, bukan hanya dalam negeri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.