Kompas.com - 27/11/2021, 14:20 WIB
Ilustrasi mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Buat kamu yang siap mengincar kampus-kampus terkemuka di Indonesia, mungkin harus mencoba satu jalur khusus.

Jalur ini diperuntukkan bagi kamu yang pernah mengemban tugas menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS.

Tidak cuma satu kampus saja yang menyediakan jalur ini. Melansir dari Instagram Masukkampus, ada 6 kampus yang menyediakan jalur Ketua OSIS.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 3 Tips Berorganisasi di Kampus

 

Dibawah ini, merupakan syarat tahun ini. Mungkin bisa saja berubah di tahun selanjutnya, namun ini bisa untuk acuan kamu memahami persyaratan ketika memilih jalur ini. Seperti apa persyaratannya di masing-masing kampus?

Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Kampus IPB University menawarkan jalur ketua OSIS dengan beragam persyaratan. Dilansir dari laman IPB University, pada tahun ini ada sejumlah persyaratan sebagai berikut:

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS
  • Lulusan tahun 2021 jurusan IPA
  • Rata-rata nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,
  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Prospek Kerja Besar

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ)

Untuk Ketua OSIS, kamu bisa mengikuti jalur khusus di UPNVJ melalui jalur prestasi. Dilansir dari laman UPNVJ, syaratnya kamu adalah Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode. Jalur Ketua OSIS, memiliki kuota sebanyak 2 persen. Syarat lainnya, sebagai berikut:

  • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang pernah menjadi Ketua OSIS (bukan wakil ketua/ketua bidang/ketua divisi/koordinator) selama satu periode kepengurusan.
  • Kriteria Ketua OSIS dilihat dari akreditasi sekolah calon peserta.
  • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna akreditasi sekolah dan Surat Kepala Sekolah bahwa peserta adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama satu periode yang kemudian akan divalidasi oleh tim seleksi.

Universitas Airlangga (Unair)

Unair membuka jalur Golden Ticket pada SNMPTN 2021 untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa termasuk pengalaman menjadi Ketua OSIS. Jalur ini adalah jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.