Webinar KSN 2021: Membangun Generasi Muda Kompetitif lewat Penguasaan Sains

Kompas.com - 11/11/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada 7-13 November 2021 merupakan salah satu upaya dalam melahirkan sumber daya manusia unggul, khususnya bidang sains.

Komitmen ini makin mengemuka dalam webinar "Membangun Generasi Muda yang Kompetitif melalui Penguasaan Sains" yang digelar pada 11 November 2021 sebagai bagian dalam rangkaian pelaksanaan KSN 2021.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi dalam pembukaan acara webinar menyampaikan, ke depan bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menguasai kecerdasan buatan, bioteknologi, energi dan mahadata (big data).

"Tantangan hari ini ke depan cirinya adalah VUCA; volatilitas (volatility), ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity). Adik-adik harus kuat dalam menentukan pilihan, dan kuasai ilmu seluas-luasnya," pesan Asep.

Ia mengajak peserta untuk memiliki kemampuan adaptif yang kuat. "Dan adik-adik adalah bagian yang sedang menguji dirinya hingga tahap hari ini mengikuti Kompetisi Sains Nasional," ujar Kepala Puspresnas.

Inggriani Liem, Ketua Bebras Indonesia, di awal webinar menyampaikan kemampuan komputasional perlu mulai ditanamkan sejak usia dini mengingat kemampuan ini dibutuhkan dalam semua sektor kehidupan.

Lebih jauh Inggraini juga mengingatkan, "kemampuan kognitif saja tidak cukup, tetapi perlu bergaul. Ini menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan di abad 21."

 

Baca juga: Hari Pahlawan, KSN 2021 Ajak Siswa Jadi Pahlawan Sains Zaman Now

Oleh karenanya ia mengajak peserta untuk tidak lagi terkotak-kotak namun berani bergotong-royong lintas keilmuan untuk memberikan kontribusi bagi Indonesia nantinya.

"Semoga kalian semua menjadi generasi emas yang akan bergotong royong membangun Indonesia yang jaya, bermartabat di mata dunia, karena kalian adalah pemenang hebat. Kalian akan memanfaatkan berpikir kritis untuk kreatif untuk membangun, dan untuk hal yang positif," pesan Inggraini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.