Kompas.com - 11/11/2021, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.,Eng.,Ph.D.,PE., selama 12 tahun akhirnya membuahkan hasil manis.

Bahkan dia berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Penelitian tentang bahan jalan ini mendapat penghargaan medali emas dalam ajang Asia International Innovation Exhibition.

Serta penghargaan medali perak dalam International Innovation Competition di Malaysia pada Oktober-November 2021.

Baca juga: Akhirnya, UMY Miliki Guru Besar Perempuan Pertama

Penelitian kolaborasi dengan beberapa kampus

Menurutnya, ini merupakan penelitian kolaborasi dengan Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Pertahanan Nasional Malaysia, dan Politeknik Semarang dan sudah berjalan selama 12 tahun.

Ini juga merupakan kerja tim kolaborasi penelitian yang mengusung penelitian tentang sustainable asphalt mixtures untuk perkerasan jalan.

"Selama 12 tahun kami terus lakukan penelitian berkaitan dengan bahan jalan dan beberapa topik lainnya, dan beberapa kerjasama penelitian tersebut kami juga terbitkan di jurnal internasional," terang Sri Atmaja dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/11/2021).

Direktur Pascasarjana UMY ini juga menjelaskan mengenai kompetisi inovasi yang diikuti bahwa penilaian yang diambil berdasarkan kebaharuan, hasil penelitian, serta memiliki unsur dalam sustainable development goals.

Pada penelitian yang diajukan, terkait ‘Bio-Asphalt For The Roads of The Future’ ini bagaimana dia dan timnya meluncurkan beberapa konsep terkait dengan material bahan jalan yang lebih berkelanjutan serta ramah lingkungan dan sesuai dengan goalnya SGD’s.

"Oleh karena itu, dari hasil penelitian serta produk ini nanti harapannya dapat mengurangi atau mereduksi kerusakan lingkungan," tambahnya.

Baca juga: Tips UMY: Ini 4 Cara agar Semangat Seharian Usai Bangun Pagi

Dia menuturkan bahwa dalam persiapan kompetisi inovasi ini juga merupakan rangkuman penelitian kolaborasi yang sudah dilakukan bersama dengan tim.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.