Dorong Minat Sains Anak, Gramedia Gelar Kompetisi Eksperimen Bahan Daur Ulang

Kompas.com - 09/11/2021, 14:05 WIB

KOMPAS.com – Sebagai upaya mendorong minat anak Indonesia pada dunia sains, tahun ini Gramedia kembali menggelar Gramedia Science Day. Tahun 2021 ini, Gramedia Science Day mengambil tema “Ready, Set, Recycle”.

Melalui tema ini, Gramedia Science Day mengajak peserta melakukan eksperimen sains dengan menggunakan bahan daur ulang. Seperti Gramedia Science tahun lalu, kompetisi Gramedia Science Day 2021 masih dilakukan secara daring mengingat adanya pandemi.

Rangkaian kompetisi ini dimulai dengan tahap pendaftaran yang dibuka pada 1 November-12 Desember 2021.

Selanjutnya, proses penilaian video eksperimen di masing-masing Instagram peserta pada 13-17 Desember 2021 dan diakhiri dengan pengumuman pemenang melalui Instagram @gramediapromo pada 18 Desember 2021.

Kompetisi eksperimen sains ini diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar (SD) kelas 4, 5, dan 6 dan bersifat individual. Untuk mengikuti kompetisi ini, calon peserta disyaratkan membeli buku kategori sains anak terbitan Gramedia dengan minimal pembelanjaan Rp 100 ribu.

Setelah mendapat bukti pembayaran, calon peserta dapat mengisi data diri dan mengunggah struk pembelanjaan di laman bit.ly/ReadySetRecycle-Pendaftaran.

Baca juga: Kalbe dan Kompas Gramedia Gelar Vaksinasi Dosis Kedua di Bandung

Untuk teknis pengerjaan video, setiap peserta wajib mendokumentasikan eksperimen dengan bahan daur ulang yang dilakukan secara individu di dalam video dokumentasi berdurasi maksimal 5 menit.

Karya yang meliputi gambar, musik latar, dan lain-lain adalah tanggung jawab peserta. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Video eksperimen sains kemudian diunggah di feed Instagram peserta. Dalam caption unggahan, peserta diwajibkan menambahkan keterangan: Nama, Kelas, dan sertakan tagar #GramediaScienceDay2021.

Kemudian, tandai akun Instagram @gramedia, @gramediapromo, dan @gramediakids. Pastikan bahwa akun Instagram peserta tidak dalam mode private. Peserta dengan video terbaik yang terpilih akan memenangkan total jutaan rupiah.

“Tujuan adanya Gramedia Science Day adalah agar anak-anak Indonesia berani mempraktikkan apa yang mereka pelajari di sekolah, bahwa pelajaran itu tidak hanya sekadar teori, lho," ujar GM Marketing Gramedia Made Ruswidhi melalui rilis resmi (9/11/2021).

"Mereka juga bisa melakukan praktik sains dan juga untuk mengisi kegiatan di rumah di masa-masa seperti ini,” tambah Made Ruswidhi.

Untuk info lebih lanjut mengenai Gramedia Science Day 2021, calon peserta dapat mengunjungi https://promo.gramedia.com/gramedia-science-day-2021/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.