Kompas.com - 09/11/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi kelas Dok. PixabayIlustrasi kelas

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang memiliki keinginan untuk kuliah atau bekerja di bidang yang tak memerlukan interaksi dengan banyak orang setiap harinya, ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan.

Jurusan kuliah ini bisa dipilih untuk kamu dengan kepribadian yang cenderung introvert. Meski begitu, perlu dipahami bahwa kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial.

Introvert merupakan tipe kepribadian dengan ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri.

Baca juga: 80 Persen Mahasiswa Tidak Bekerja Sesuai Jurusan Kuliah

Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert, yang yang justru mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang.

Merangkum laman Universitas123, berikut 8 jurusan kuliah bagi kamu yang pribadinya cenderung introvert:

1. Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih adalah teknik informatika. Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka dalam bidang teknologi.

Terlebih, jika kamu suka mengotak-atik komputer. Jurusan ini pun tidak akan membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Karena kamu akan dituntut untuk fokus terhadap pekerjaan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPA dengan Prospek Kerja Cerah

Contoh dari pekerjaan jurusan ini adalah belajar coding, membuat program, dan memperbaiki teknis lain berkaitan dengan komputer.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.