Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Unpad-Kompas Gramedia Siapkan Pembelajaran Berkualitas

Kompas.com - 12/09/2021, 05:16 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan di Indonesia harus berkualitas. Bahkan meski di tengah pandemi Covid-19, pendidikan harus terus berjalan dengan baik.

Salah satu perusahaan yang peduli dengan pendidikan, Kompas Gramedia menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Adapun kerjasamanya mengenai pengembangan pelaksanaan program kredensial mikro. Melalui program ini, Unpad dan Kompas Gramedia akan menyiapkan sejumlah konten pembelajaran berkualitas yang bisa diakses oleh publik.

Baca juga: Ini Cerita Hasan, Mahasiswa Berprestasi UNS yang Salah Pilih Jurusan

Melansir laman Unpad, kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Corporate Human Resources Director Kompas Gramedia B. Sigit Suryanto dalam pertemuan secara virtual, Jumat (10/9/2021).

Acara penandatanganan tersebut juga dihadiri sejumlah direksi Kompas Gramedia dan pimpinan di lingkungan Unpad.

Menurut Rektor, Unpad dan Kompas Gramedia sama-sama memiliki perhatian besar dalam menyampaikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat.

"Dengan demikian, kita juga yakin turut bisa mendukung negara kita di dalam memiliki SDM unggul dan kompeten," ujar Rektor.

Tentunya, sebagai perguruan tinggi yang fokus pada pengembangan hybrid, pembelajaran di Unpad akan menggunakan kombinasi luring dan daring.

Hal ini juga berpengaruh pada program kredensial mikro yang akan dilaksanakan secara daring maupun luring jika diperlukan kombinasi pertemuan fisik.

"Dengan program kredensial mikro otomatis kita mendukung pemberian pendidikan bagi seluruh masyarakat, tak terkecuali dari latar belakang apapun, wilayah manapun, bahkan negara manapun," terang Rektor Unpad.

Kerja sama lanjutan

Sedangkan menurut Sigit, kerja sama Kompas Gramedia dengan Unpad sudah terjalin sejak 2012. Karena itu, kerja sama pengembangan kredensial mikro ini merupakan lanjutan dari kerja sama yang sudah berjalan sebelumnya.

Kompas Gramedia berkomitmen memberikan dampak bagi masyarakat Indonesia. "Kami mengulang kerja sama pendidikan, penelitian, pengabdian dengan Unpad. Kami ingin segera program ini dijalankan," tutur Sigit.

Baca juga: Mahasiswa Jurusan Matematika, Ini 5 Cara Belajar yang Efektif

Adapun tahap awal, Unpad telah menyiapkan sejumlah materi pembelajaran. Materi tersebut kemudian didukung Kompas Gramedia dalam hal publikasinya.

Menurutnya, program kredensial mikro ini akan berupa modul-modul pembelajaran yang bisa diakses secara daring oleh masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com