Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Cek Jurusan dan Kampus yang Cocok untuk Kamu di Sini

Kompas.com - 05/11/2021, 11:35 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sudahkah siswa dan calon mahasiswa menentukan pilih jurusan kuliah untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri perguruan tinggi lainnya?

Selain pertimbangan kompetensi akademis, mencari tahu apa minat dan bakat kamu bisa menjadi cara memilih jurusan kuliah.

Minat akan membuat kamu senang belajar dan mencari tahu sehingga lebih mungkin menciptakan karya, inovasi, dan berprestasi. Sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mampu mengasah skill yang dibutuhkan untuk meningkatkan potensi diri.

Jangan sampai, selama beberapa tahun ke depan kamu bakal jenuh karena jurusan atau program studi yang dipilih tak sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Guna memudahkan calon mahasiswa, platform pendidikan Quipper kini memiliki sejumlah tes uji potensi yang bisa kamu ikuti secara gratis dalam mempertimbangkan jurusan kuliah dan perguruan tinggi.

1. Tes Minat Bakat dan Tes Kampus Terbaik Untukmu

Tes ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang bingung memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Kamu juga bisa cek kecocokan kamu dengan kampus favorit melalui tes sederhana. Kamu bisa memulai tes secara gratis melalui laman https://campus.quipper.com/tests 

2. Cek peluang masuk PTN favorit di UTBK-SBMPTN

Bagi kamu yang bersiap mengkuti UTBK, Quipper juga bakal menggelar tryout UTBK Gratis pada 8-14 November 2021.

Nilai tryout akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Semakin banyak soal sulit yang dapat kamu jawab, semakin tinggi pula nilai yang akan kamu dapat.

Jadi, hasil tryout ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan gambaran (nilai) seperti pada pelaksanaan UTBK SBMPTN sebenarnya.

Selain itu, kamu juga bisa lanjut melihat peluang diterima di PTN yang kamu tuju.

Selain dapat hasil peluang lolos di universitas impianmu, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi universitas lain sesuai dengan jurusan yang kamu pilih.

Dengan ini, diharapkan kamu dapat menyusun strategi lolos SBMPTN yang terbaik.

Menariknya, Quipper juga akan memilih 3 siswa dengan nilai tertinggi di tiap kategori. Lalu, 3 siswa dengan nilai tertinggi tersebut akan mendapatkan hadiah dengan total Rp 5 juta.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Yuk Cek

Info pendaftaran Tryout UTBK gratis dapat diakses melalui laman ini.

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-land/quipper-info/tryout-utbk-nasional/?utm_source=Socmed&utm_medium=referral&utm_content=linktree 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com