Kompas.com - 05/11/2021, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Sudahkah siswa dan calon mahasiswa menentukan pilih jurusan kuliah untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri perguruan tinggi lainnya?

Selain pertimbangan kompetensi akademis, mencari tahu apa minat dan bakat kamu bisa menjadi cara memilih jurusan kuliah.

Minat akan membuat kamu senang belajar dan mencari tahu sehingga lebih mungkin menciptakan karya, inovasi, dan berprestasi. Sedangkan bakat akan membuat kamu lebih mampu mengasah skill yang dibutuhkan untuk meningkatkan potensi diri.

Jangan sampai, selama beberapa tahun ke depan kamu bakal jenuh karena jurusan atau program studi yang dipilih tak sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Guna memudahkan calon mahasiswa, platform pendidikan Quipper kini memiliki sejumlah tes uji potensi yang bisa kamu ikuti secara gratis dalam mempertimbangkan jurusan kuliah dan perguruan tinggi.

1. Tes Minat Bakat dan Tes Kampus Terbaik Untukmu

Tes ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang bingung memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Kamu juga bisa cek kecocokan kamu dengan kampus favorit melalui tes sederhana. Kamu bisa memulai tes secara gratis melalui laman https://campus.quipper.com/tests 

2. Cek peluang masuk PTN favorit di UTBK-SBMPTN

Bagi kamu yang bersiap mengkuti UTBK, Quipper juga bakal menggelar tryout UTBK Gratis pada 8-14 November 2021.

Nilai tryout akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.