Kompas.com - 28/10/2021, 20:48 WIB
Pemenang Samsung Innovation Campus Batch 2 2020/2021 DOK. SICPemenang Samsung Innovation Campus Batch 2 2020/2021

KOMPAS.com - Semangat Hari Sumpah Pemuda bagi generasi digital dimaknai sebagai semangat anak muda untuk menyiapkan diri agar Indonesia nantinya dapat naik ke level yang tinggi di persaingan internasional.

"Semangat Sumpah Pemuda harus ada dalam diri kalian karena yang menentukan masa depan Indonesia adalah kalian," ungkan Risman Risman Adnan, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia dalam pengumuman pemenang "Samsung Innovation Campus Batch 2" (28/10/2021).

Kepada para finalis Samsung Innovation Campus 2020/2021, Risman mengajak anak muda Indonesia menyiapkan beragam kompetensi dengan pemahaman fundamental dan konseptual serta skill dari practical.

"Kalian yang saat ini duduk di bangku SMA dan SMK, kalian akan menjadi engineer dalam 5 tahun ke depan. Kalau kalian siapkan semua dari sekarang, kalian akan membawa industri Indonesia ke next level," tegas Risman.

“Samsung Innovation Campus merupakan salah satu program pendidikan dari Samsung Electronics Indonesia di bawah payung program Samsung Indonesia Cerdas yang mendukung sektor pendidikan dalam mempersiapkan masyarakat digital," jelas Risman.

"Baik guru maupun peserta didik diharapkan dapat menjadi masyarakat digital yang dapat berperan aktif memajukan masa depan Indonesia,” harap Risman menutup keterangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pesan Nadiem di Hari Sumpah Pemuda untuk Pelajar Indonesia

Pentingnya penguatan SDM Indonesia ini juga ditekankan Sherly Septiani, Software Engineer Lead Tokopedia yang menjadi salah satu juri.

"Kita tidak boleh hanya berfokus pada teknologi saja, kita juga harus berfokus pada SDM-nya. Teknologi bisa dibeli, tapi apakah kita memiliki SDM yang mumpuni yang bisa mengembangkan teknologi tersebut," ujar Sherly mengingatkan.

Mengutip Presiden Joko Widodo, Sherly mengungkapkan, Indonesia masih membutuhkan setidaknya sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan.

Melahirkan talenta digital unggul

Melahirkan talenta-talenta digital unggul masa depan inilah yang menjadi salah satu visi Samsung Electronics Indonesia kembali menghadirkan program yang sudah dimulai sejak Oktober 2020, Samsung Innovation Campus (SIC).

Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.