Kompas.com - 25/10/2021, 17:46 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) secara resmi menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas untuk kegiatan praktikum di kampus Jatinangor, Senin (25/10/2021).

Sejumlah mahasiswa sudah mulai memasuki kampus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Guru Besar Unair: Orang Hidup Miskin Bukan karena Malas Kerja

Ada sejumlah syarat yang ditetapkan Unpad bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktikum dalam kampus.

Mulai dari sudah melakukan vaksinasi baik tahap 1 ataupun tahap 2, data vaksinasi sudah terekam di aplikasi PeduliLindungi, serta adanya izin dari orangtua.

Selain itu, akses masuk dan keluar kampus sudah mulai menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan, setiap fakultas telah didorong untuk melakukan persiapan menghadapi pembukaan kampus secara terbatas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain penyiapan sarana laboratorium, alur masuk ruangan di dalam kampus, hingga fasilitas untuk menunjang protokol kesehatan juga perlu dilakukan.

"(Setiap fakultas) lakukan persiapan dengan bagus. Menyiapkan fasilitas lab, asisten lab, dan menyiapkan dosennya. Selain itu, menurut saya bagus juga menyiapkan penjadwalan bagi mahasiswanya," ucap Rina melansir laman Unpad, Senin (25/10/2021).

Dia mengaku, penjadwalan mahasiswa di kampus dilakukan agar semua mahasiswa dari berbagai angkatan memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati layanan PTM terbatas.

Baca juga: 6 Bidang Ilmu Unpad Masuk Peringkat THE WUR by Subject 2022

Hal ini dilakukan mengingat ada beberapa kegiatan pembelajaran yang membutuhkan peroleh keterampilan (skill acquisition) yang tidak bisa digantikan oleh pembelajaran daring.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.