Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 15:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menguasai bahasa asing di era globalisasi menjadi hal wajib yang perlu dilakukan generasi muda.

Dengan menguasai bahasa asing bisa membuatmu makin percaya diri. Selain itu juga memperbesar peluangmu diterima bekerja di suatu perusahaan.

Jika kamu tertarik mendalami suatu bahasa tertentu, ada beberapa jurusan bahasa dan sastra yang bisa diipilih di perguruan tinggi.

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia juga memiliki jurusan bahasa yang sudah diakui kualitasnya.

Baca juga: Ini Pentingnya Dukungan Kesehatan Jiwa-Psikososial bagi Peserta Didik

Merangkum dari laman akupintar.id, Senin (25/10/2021), ada 8 perguruan tinggi yang memiliki jurusan bahasa asing.

Jurusan bahasa asing di 8 universitas berikut ini menjadi incaran calon mahasiswa tiap tahunnya. Kampus mana saja sih yang memiliki jurusan bahasa asing terbaik, yuk simak bersama ulasan berikut ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan bahasa asing di UI berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Di Fakultas initersedia berbagai jurusan bahasa asing, yaitu Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Belanda, Sastra Arab, Sastra Cina, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, dan Sastra Slavia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Di dalam Fakultas Ilmu Budaya UGM tersedia beberapa jurusan bahasa asing, yaitu Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Perancis.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Film bagi Mahasiswa yang Sedang Tak Semangat Kuliah

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Jika di UI dan UGM tersedia Bahasa dan Kebudayaan Korea, Undip menyediakan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang. Jurusan bahasa asing lain di Fakultas Ilmu Budaya Undip adalah Sastra Inggris. 

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI menaungi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Perancis, Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea.

5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, Unpad juga memiliki jurusan bahasa asing. Fakultas Ilmu Budaya Unpad menaungi beberapa jurusan bahasa asing seperti Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Perancis, Bahasa dan Sastra Jepang, Bahasa dan Sastra Rusia, Bahasa dan Sastra Jerman, serta Bahasa dan Sastra Arab.

Baca juga: Ini Pentingnya Dukungan Kesehatan Jiwa-Psikososial bagi Peserta Didik

6. Universitas Sumatera Utara (USU)

Fakultas Bahasa di USU disebut sebagai Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan bahasa asing di Fakultas Bahasa USU terdiri dari beberapa jurusan yaitu Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Cina.

7. Universitas Airlangga (Unair)

Fakultas Ilmu Budaya Unair, hanya memiliki dua jurusan bahasa yaitu Sastra Jepang dan Sastra Inggris.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Sama-sama berada di Jawa Timur, Universitas Brawijaya juga memiliki Fakultas Ilmu Budaya dengan beberapa jurusan bahasa asing.

Tersedia jurusan Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Cina, Bahasa dan Sastra Perancis, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Jepang.

Baca juga: Tips Optimalkan Instagram Sebagai Media Promosi Jualan dari Dosen BSI

Demikian 8 universitas dengan jurusan bahasa asing terbaik di Indonesia. Kamu bisa menjadikan informasi ini sebagai rekomendasi jika tertarik menekuni bahasa asing saat kuliah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com