Kompas.com - 25/10/2021, 14:19 WIB
Ilustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital, ilustrasi bisnis online. ShutterstockIlustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital, ilustrasi bisnis online.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemanfaatan teknologi informasi sudah diaplikasikan pada semua lini industri pekerjaan.

Termasuk dalam sektor bisnis yang dijalankan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan modal smartphone atau laptop dan jaringan internet, pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka.

Dengan memanfaatkan teknologi, pemasaran bisa dilakukan dengan cakupan lebih luas. Bahkan bisa mencapai ke luar negeri.

Selain menggunakan website, pemasaran bisa dilakukan menggunakan media sosial (medsos). Hal ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku usaha baik yang masih berskala kecil atau besar.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Film bagi Mahasiswa yang Sedang Tak Semangat Kuliah

Instagram populer untuk promosikan produk

Dengan mempromosikan produk di medsos, masyarakat luas bisa mengetahui produk atau promo yang sedang berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum dari Instagram Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Senin (25/10/2021), pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai medsos yang tersedia. Salah satu media sosial populer yang digunakan orang yakni Instagram.

Instagram bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Bahkan penggunaan Instagram juga menjadi strategi promosi yang ampuh saat ini.

Hal ini juga berkaitan karena kebanyakan orang tak bisa lepas dari penggunaan media sosial di kehidupan sehari-harinya. Baik itu untuk mencari informasi, berinteraksi maupun untuk berbelanja.

Baca juga: Data KPAI: Kasus Perundungan Paling Banyak Terjadi pada Siswa SD

Mempermudah UMKM menjual produk

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Dinar Ajeng Kristiyanti mengatakan, pemasaran melalui Instagram bisa memudahkan penjualan para pelaku UMKM.

"Dengan pemanfataan instagram yang baik, bisa mudah menarik calon konsumen," kata Dinar Ajeng Kristiyanti dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) berupa pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram yang digelar secara virtual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.