Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Skill yang Bakal Meningkat Saat Kuliah S2

Kompas.com - 25/10/2021, 07:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, akan banyak keahlian baru yang diperoleh.

Selain itu, semakin tinggi pendidikan dan makin banyak pengetahuan yang dimiliki juga memperbesar peluangmu bisa bekerja di perusahaan atau instansi bergengsi.

Merangkum dari situs resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (24/10/2021), menempuh program kuliah S2 memberikan banyak keuntungan terlebih di bidang karier spesifik. Terutama jenis pekerjaan yang membutuhkan lisensi khusus.

Misalnya gelar dokter medis. Setelah lulus pendidikan dokter di jenjang S1, mahasiswa mungkin menguasai wawasan kedokteran. Namun jika ingin membuka praktik atau bekerja sebagai dokter berlisensi, kamu harus melanjutkan kuliah S2.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Tips Menyukai Mata Kuliah yang Dibenci

Gelar S2 juga membantumu mendapatkan pekerjaan di bidang yang berisiko tinggi atau menuntut kepercayaan publik tinggi. Contohnya adalah program kuliah untuk menjadi akuntan publik bersertifikat, arsitek, insinyur, konsultan pajak, dan sebagainya.

Kuliah jenjang S2 cukup menantang dan membutuhkan biaya. Tetapi kamu akan mendapat banyak skill atau keterampilan yang memberi keuntungan jangka panjang. Berikut informasi mengenai skill yang diperoleh saat kuliah S2. Yuk simak bersama.

1. Aspek keilmuan yang lebih spesifik

Program Magister cocok bagi mahasiswa yang ingin menjadi spesialis karena aspek keilmuannya lebih spesifik. Mahasiswa berkesempatan mempelajari suatu bidang secara mendalam hingga ke balik permukaan. Hal ini berbeda dengan lulusan S1 yang biasanya memiliki latar belakang ilmu lebih general.

Selain mampu memecahkan masalah lebih baik, keahlian sebagai spesialis juga memberimu daya tawar tinggi.

Baca juga: Adaro Logistics Buka Lowongan Kerja D4/S1, Ayo Daftar

2. Kemampuan analisis dan observasi

Kuliah S2 membuat kemampuan analisis dan observasi terasah lebih jauh. Mahasiswa S2 akan belajar cara mengamati suatu problem spesifik lewat beberapa sudut pandang, lalu menemukan beberapa solusi pemecahan.

Solusi yang ditemukan juga akan cenderung spesifik dan lebih mendalam dibandingkan mereka yang pengetahuannya hanya menyentuh permukaan.

Dengan kedua kemampuan ini, mahasiswa S2 tidak hanya meningkatkan nilai tambah, tetapi juga memberi keuntungan di bidang karier.

Baca juga: Demam Hallyu, Kenali Jurusan Sastra Korea dan Prospek Kerjanya

3. Kemampuan manajemen dan supervisi

Manajemen dan supervisi adalah kemampuan yang membutuhkan pemahaman mendalam terhadap suatu permasalahan atau standar pekerjaan. Lulusan S2 banyak yang menempati posisi manajer, supervisor, pengawas mutu, dan sejenisnya. Hal ini bermanfaat untuk berbagai bidang spesifik, misalnya teknologi informasi dan manufaktur.

4. Kepemimpinan dan kerja sama tim

Mahasiswa S2 didorong memiliki jiwa kepemimpinan. Hal ini penting bagi lulusan yang akan menempati posisi strategis di perusahaan, yang biasanya melibatkan pengelolaan tim dalam menyelesaikan proyek. Kepemimpinan merupakan keahlian yang bisa diterapkan di perusahaan atau bidang mana saja.

Baca juga: Ditjen Dikti Dorong Pengembangan Seni bagi Mahasiswa

Selain menjadi pemimpin, mahasiswa S2 juga akan belajar cara bekerja sama dalam tim. Kamu akan dilatih untuk mengetahui cara membagi tugas dan bersinergi dengan orang lain dalam tim yang sama.

5. Kemampuan mengajar dan melatih

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang dosen, menempuh pendidikan S2 merupakan syarat mutlak. Mahasiswa S2 tidak hanya belajar tentang bidang keilmuan secara lebih spesifik, tetapi juga menerapkannya dalam proses mengajar atau melatih.

Mahasiswa akan belajar cara berkomunikasi, menjelaskan berbagai konsep dengan cara yang mudah dimengerti, dan melakukan transfer pengetahuan secara efektif.

Keahlian ini bukan hanya untuk dosen. Kamu bisa menerapkannya ketika menempati jabatan yang melibatkan proses pelatihan di perusahaan pilihanmu. Belajar di jenjang lebih tinggi memberimu beragam keahlian baru dan lebih spesifik. 

Baca juga: Pakar Hukum Unair: Kekerasan Seksual di Kampus Merupakan Problem Nyata

Demikian skill yang diperoleh mahasiswa setelah kuliah S2. Mahasiswa di jenjang S1 yang berencana melanjutkan ke program S2 membutuhkan komitmen dan kedisiplinan agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com