Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Hambatan-hambatan dalam Mengembangkan Growth Mindset

Kompas.com - 23/10/2021, 11:34 WIB
Hambatan-Hambatan dalam Mengembangkan Growth Mindset Jihan Aulia ZahraHambatan-Hambatan dalam Mengembangkan Growth Mindset

KOMPAS.com - Sebagaimana yang telah ditulis pada artikel sebelumnya, dapat kita ketahui bahwa growth mindset adalah kepercayaan bahwa kualitas dan kemampuan dapat berkembang dengan dedikasi dan kerja keras.

Sebaliknya, fix mindset adalah kepercayaan bahwa kualitas dasar dan kemampuan bersifat bawaan dari dalam diri.

Di era disrupsi yang penuh perubahan serba mendadak ini, growth mindset kemudian menjadi salah satu cara untuk bertahan hidup dalam sebuah lingkungan, termasuk salah satunya dalam berkarier.

Growth mindset sebagai pola pikir yang mengakui adanya perubahan zaman akan dengan mudah beradaptasi dengan keadaan.

Orang-orang yang memiliki growth mindset ini pula yang mudah bertahan dalam perubahan dan tahu langkah apa yang harus mereka ambil dalam menghadapi tantangan perubahan, salah satunya dalam menentukan jalan karier yang mereka lakoni.

Mengingat akan banyak sekali peran-peran yang hilang dalam hitungan tahun, orang dengan growth mindset akan terus mengembangkan dirinya untuk belajar kemampuan-kemampuan baru guna mengisi peran-peran baru, khususnya dalam teknologi.

Inilah mengapa mereka dengan growth mindset selalu adaptif dengan suasana dan peran baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, growth mindset memiliki manfaat dalam beberapa aspek. Contohnya, di aspek pendidikan dan akademik, growth mindset dapat meningkatkan resiliensi (bertahan dalam kegagalan) di dalam jiwa pelajar.

Mereka akan lebih bertahan ketika gagal, dan ketika gagal, mereka akan aktif mencari feedback atau umpan balik. Para pelajar akan lebih mudah untuk beradaptasi dan meregulasi diri.

Baca juga: Ini Manfaat dan Cara Memiliki Growth Mindset

 

Mereka akan lebih mudah mengatasi proses transisi. Dari sisi well-being, pelajar yang memiliki growth mindset lebih tidak mudah stres dan mengurangi tingkat agresi mereka juga.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.