Kompas.com - 14/10/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi profesi yang sangat berperan di masyarakat saat pandemi di garis depan. FREEPIK/REXANDPANIlustrasi profesi yang sangat berperan di masyarakat saat pandemi di garis depan.

KOMPAS.com – Ada sejumlah aspek yang perlu dipertimbangkan saat calon mahasiswa memilih jurusan kuliah, mulai dari minat dan bakat, pilihan universitas, lokasi universitas, biaya, dan tak kalah penting prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan tersebut.

Terlepas dari berbagai pertimbangan, pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa menuju karier yang mapan dan sesuai dengan keinginan di masa depan.

Bila kamu kini kamu sedang mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih, berikut adalah delapan jurusan kuliah dengan peluang gaji besar, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN):

1. Kedokteran

Pendapatan sebagai seorang dokter di rumah sakit swasta dinilai relatif menjanjikan. Biaya konsultasi untuk dokter spesialis di Indonesia bisa mencapai Rp 300-500 ribu per kunjungan. Belum ditambah dengan biaya tindakan seperti operasi.

Baca juga: 6 PTN dengan Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis kamu harus mengeluarkan biaya kuliah yang juga tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan gelar sebagai dokter spesialis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pengorbanan tersebut sepadan dengan profesi yang terus dibutuhkan di masa depan ini.

2. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk membuka pekerjaan pada bidang IT.

Meluasnya berbagai kebutuhan dan pemanfaatan IT dalam pengembangan bisnis seperti programmer, software engineer dan developer semakin banyak dibutuhkan.

Memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis dan perusahaan, pekerja pada bidang ini di Indonesia bisa memiliki gaji besar dengan rata-rata di atas Rp 10 juta per bulan.

Baca juga: Beasiswa BCA 2022, Kuliah Teknik Informatika Gratis bagi Lulusan SMA-SMK

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan BRI Institute.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.