Kompas.com - 14/10/2021, 06:27 WIB
ilustrasi mie segar. PIXABAY/Mrdidgilustrasi mie segar.
|

KOMPAS.com - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) coba meracik mi sehat. Hanya saja, bahannya pakai petai cina.

Meski demikian, mi petai cina itu dapat menjadi alternatif makanan atau aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Apalagi petai cina sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Adapun mahasiswa UNY itu adalah Ahzami Fadilah Akbar (Teknik Elektro), Intan Diah Kusuma (Pendidikan Tata Boga), Wulan Febrianingsih (Pendidikan IPA), Siti Vera Lestari (Pendidikan Matematika) dan Asma Nur Azizah (Sastra Inggris).

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Mi Jagung Sehat, Ini Cara Buatnya

Menurut Ahzami Fadilah Akbar, diabetes jadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh masyarakat. Bahkan di Indonesia jadi salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia.

Bernutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan

Dikatakan, pemanfaatan biji petai cina saat ini masih belum optimal, padahal kandungan zat nutrisi petai cina sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Biji petai cina mengandung tanin, galaktomanan, dan flavonoid. Dimana kandungan tersebut mempunyai efek untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat aktivitas glukosidase dan alfa amilase yang berperan dalam absorpsi pada membran brush border usus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penelitian tentang efek antidiabetes biji petai cina telah dilakukan sebelumnya," ujarnya dikutip dari laman UNY, Rabu (13/10/2021).

Yang mana pemberian ekstrak biji petai cina dosis 0,25 g/kg, 0,5 g/kg dan 1 g/kg mampu menurunkan kadar glukosa darah sebesar 49,97 persen, 56,80 persen dan 65,30 persen.

Selain itu pembuatan mi ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa petai cina tidak hanya dapat dimakan sebagai lauk atau lalap namun juga dapat diolah menjadi bentuk lain yang kaya manfaat.

Wulan Febrianingsih menambahkan, mereka mengolah petai cina menjadi mi karena mi merupakan makanan familier di masyarakat yang didapat dengan mudah dan harganya murah.

Baca juga: Ingin Bakso Jadi Kenyal dan Sehat? Akademisi UB: Pakai Bahan Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.