Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lulusan 8 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Gaji Besar, Ada Jurusan Kamu?

KOMPAS.com – Ada sejumlah aspek yang perlu dipertimbangkan saat calon mahasiswa memilih jurusan kuliah, mulai dari minat dan bakat, pilihan universitas, lokasi universitas, biaya, dan tak kalah penting prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan tersebut.

Terlepas dari berbagai pertimbangan, pendidikan tinggi diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa menuju karier yang mapan dan sesuai dengan keinginan di masa depan.

Bila kamu kini kamu sedang mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih, berikut adalah delapan jurusan kuliah dengan peluang gaji besar, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN):

1. Kedokteran

Pendapatan sebagai seorang dokter di rumah sakit swasta dinilai relatif menjanjikan. Biaya konsultasi untuk dokter spesialis di Indonesia bisa mencapai Rp 300-500 ribu per kunjungan. Belum ditambah dengan biaya tindakan seperti operasi.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis kamu harus mengeluarkan biaya kuliah yang juga tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan gelar sebagai dokter spesialis.

Namun, pengorbanan tersebut sepadan dengan profesi yang terus dibutuhkan di masa depan ini.

2. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk membuka pekerjaan pada bidang IT.

Meluasnya berbagai kebutuhan dan pemanfaatan IT dalam pengembangan bisnis seperti programmer, software engineer dan developer semakin banyak dibutuhkan.

Memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis dan perusahaan, pekerja pada bidang ini di Indonesia bisa memiliki gaji besar dengan rata-rata di atas Rp 10 juta per bulan.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan BRI Institute.

3. Manajemen dan Bisnis

Sebagai salah satu jurusan kuliah yang paling diminati di Indonesia, manajemen menjadi bidang yang sangat dibutuhkan di berbagai industri.

Pada umumnya, lulusan bidang ini sudah memahami mengenai berbagai pengetahuan seperti organisasi, proyek hingga SDM. Kisaran gaji pada lulusan manajemen unggul adalah Rp 10 juta hingga Rp 25 juta.

Jurusan ini hampir dibuka oleh berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Gadja Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), ITB dan sebagainya.

Sama halnya dengan manajemen, bisnis juga menjadi jurusan yang diminati oleh banyak orang. Sektor digital menjadi salah satu sektor favorit dalam bidang bisnis di era teknologi seperti sekarang. Menguasai bisnis tentu menjadi kemampuan yang harus dimiliki untuk berada pada sektor tersebut.

4 Sains Data

Banyak perusahaan yang membutuhkan praktisi ahli untuk mengolah data. Hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat serta bisnis yang bergantung pada data untuk pertumbuhannya.

Peran lulusan sains data sangat penting karena perusahaan membutuhkan mereka untuk mengolah data menjadi informasi. Oleh karena itu, gaji di bidang ini juga besar karena perannya tersebut.

Berdasarkan data yang dihasilkan oleh Laporan Gaji Indonesia 2020, profesi Data Science bisa memiliki kisaran gaji, yaitu Rp 8 juta hingga 25 juta sesuai dengan levelnya.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini adalah Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Bagi lulusan jurusan di luar sains data, kamu juga bisa memulai mengasah kompetensi Data Science untuk siap berkarier di dunia data bersama DQLab UMN.

5. Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan jurusan yang menggabungkan beberapa bidang seperti ilmu komputer, ekonomi dan bisnis.

Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan pada bidang ini untuk membantu pengambilan keputusan penting serta pengoperasian berbagai perangkat lunak dalam berinteraksi dengan data.

Kisaran gaji bagi lulusan ahli di bidang sistem informasi adalah Rp 7 juta hingga Rp 25 juta.

6. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan oleh berbagai industri untuk menjalankan usahanya seperti pada bidang teknologi, energi hingga transportasi.

Jurusan yang mempelajari hal-hal berbau listrik, matematika dan statistika ini memiliki kisaran gaji yang cukup besar bagi lulusannya, yaitu Rp 6 juta hingga Rp 15 juta.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini antara lain UI, ITB dan Universitas Brawijaya (UB).

7. Ilmu Komputer

Sebagai salah satu kemampuan dan skill yang paling banyak dicari oleh perusahaan, lulusan ilmu komputer menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis berbagai instansi, khususnya di era digital seperti sekarang.

Seorang ahli komputer bisa memiliki gaji yang berkisar sebesar Rp 6 juta hingga Rp 30 juta.

Perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ini adalah UI, ITB dan UNM.

8. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan jurusan yang paling banyak diminati di dunia perkuliahan. Alasannya, jurusan ini memiliki cakupan pembelajaran yang luas dan peluang kerja di berbagai industri.

Setiap perusahaan perlu memiliki lulusan ilmu komunikasi untuk perkembangan bisnis atau usaha mereka. Tidak mengherankan, banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini seperti UGM, ITB, UI, UMN dan sebagainya.

Gaji dari lulusan Ilmu Komunikasi juga cukup besar, yaitu berkisar Rp 6 juta hingga Rp 12 juta.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/14/101205871/lulusan-8-jurusan-kuliah-ini-berpeluang-gaji-besar-ada-jurusan-kamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke