Gagas Smart Bandage, Mahasiswa Malaysia Raih Regional Champion 3M Inspire Challenge

Kompas.com - 27/09/2021, 18:03 WIB
Tim Kancil yang merupakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jadi runner up Regional Champions 3M Inspire Challenge.
Dok. 3M Inspire Challenge 2021Tim Kancil yang merupakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jadi runner up Regional Champions 3M Inspire Challenge.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19, mahasiswa terus didorong untuk terus berinovasi.

Bahkan inovasi dan gagasan dari para mahasiswa ini bisa menjadi solusi dari berbagai kendala yang dihadapi dalam situasi pandemi Covid-19.

Seperti para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Asia berkompetisi dalam kompetisi 3M Inspire Challenge.

Di putaran final, mahasiswa dari berbagai negara memaparkan inovasi yang telah mereka ciptakan.

Hasilnya dua mahasiswa dari The National University of Malaysia dinobatkan sebagai 'Regional Champions' dan mengalahkan 5 Country Champions dari Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Dua mahasiswa The National University of Malaysia yang berhasil meraih juara di kompetisi internasional ini yakni Mohd Fahad Saleem dan Nur Liyana Syasya Mohd Zamuri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dosen Unair: Ini Dosis Konsumsi Minuman Kolagen agar Aman bagi Tubuh

Tim dari Malaysia juara Regional Champions

Dengan solusi cerdas mereka di bidang keberlanjutan, keduanya berhasil meraih hadiah uang tunai total sebesar 3.000 dollar AS dan berkesempatan magang di kantor 3M Malaysia.

Mohd Fahad Saleem mengatakan, perban berperekat atau adhesive bandages adalah barang umum yang biasa ditemukan di rumah.

Karena adanya peningkatan kesadaran dalam penanganan luka selama beberapa dekade, timnya punya gagasan menghadirkan ide Smart Bandage untuk melengkapi penggunanya.

"Dengan produk yang dapat memantau berbagai tahap proses penyembuhan luka dengan lebih baik dan memberikan kondisi optimal bagi kulit dan jaringan untuk sembuh. Sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari tanpa mengkhawatirklan luka mereka," kata Mohd Fahad Saleem seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/9/2021). 

Baca juga: Ikuti Program Gelar Ganda, Cara Mahasiswa ITS Siap Masuki Dunia Kerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.