Kompas.com - 24/09/2021, 17:00 WIB
Berdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Undip berhasil menduduki posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022. Tangkap layar laman UndipBerdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Undip berhasil menduduki posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis hasil pemeringkatan terbarunya.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan ini dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Universitas Diponegoro (Undip) termasuk perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan dan kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah nasional dan internasional.

Berdasarkan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Undip berhasil menduduki posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Baca juga: 10 Skill Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja Tahun 2025

Lulusan Undip paling cepat dapat pekerjaan

Dalam kategori ini menunjukkan bahwa kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah perguruan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga dapat diartikan bahwa lulusan Undip dapat dengan cepat dan tepat mendapatkan pekerjaan.

Melansir dari situs resmi www.topuniversities.com, Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 menggunakan 5 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Indikator tersebut yakni:

  • Employer Reputation sebanyak 30 persen
  • Alumni Outcomes sebanyak 25 persen
  • Employer-Student Connections sebanyak 10 persen
  • Partnerships with Employers sebanyak 25 persen
  • Graduate Employment Rate sebanyak 10 persen

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya Olah Sampah Plastik Jadi Ecobrick

Poin yang diperoleh Undip

Berdasarkan data hasil perhitungan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022, Undip berhasil memperoleh poin dari masing-masing indikator yaitu:

  • Employer Reputation (14.4)
  • Alumni Outcomes (12.0)
  • Employer-Student Connections (84.2)
  • Partnerships with Employers (6.4)
  • Graduate Employment Rate (96.5)

Dengan penilaian yang sangat ketat ini membuat hanya 8 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil mampu masuk dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Baca juga: Tanoto Foundation Beri Bantuan Oksigen Concentrator ke RS Pendidikan

8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi tersebut didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Urutan peringkat universitas di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 adalah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.