Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Undip Peringkat 1 Versi QS WUR Graduate Employability Rankings 2022

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis hasil pemeringkatan terbarunya.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan ini dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Universitas Diponegoro (Undip) termasuk perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan dan kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah nasional dan internasional.

Berdasarkan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Undip berhasil menduduki posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Lulusan Undip paling cepat dapat pekerjaan

Dalam kategori ini menunjukkan bahwa kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah perguruan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.

Sehingga dapat diartikan bahwa lulusan Undip dapat dengan cepat dan tepat mendapatkan pekerjaan.

Melansir dari situs resmi www.topuniversities.com, Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 menggunakan 5 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Indikator tersebut yakni:

Poin yang diperoleh Undip

Berdasarkan data hasil perhitungan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022, Undip berhasil memperoleh poin dari masing-masing indikator yaitu:

  • Employer Reputation (14.4)
  • Alumni Outcomes (12.0)
  • Employer-Student Connections (84.2)
  • Partnerships with Employers (6.4)
  • Graduate Employment Rate (96.5)

Dengan penilaian yang sangat ketat ini membuat hanya 8 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil mampu masuk dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022.

8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi tersebut didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Urutan peringkat universitas di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 adalah:

1. Universitas Diponegoro (Undip)

2. Universitas Indonesia (UI)

3. Universitas Airlangga (Unair)

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

7. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

8. Universitas Brawijaya (UB).

Massachusetts Institute of Technology terbaik di dunia

Sedangkan untuk tingkat dunia, berdasarkan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022, menempatkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada posisi pertama.

Perguruan Tinggi yang terletak di Kota Cambridge ini mencatatkan total skor sempurna yaitu 100 poin. Sedangkan pada pada urutan kedua yaitu Stanford University dengan total skor sebesar 99.3 poin.

Sedangkan urutan ketiga berhasil diamankan oleh University of California, Los Angeles (UCLA) dengan total skor sebanyak 99.1 poin.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Undip atas capaian tersebut dan dalam mendukung kemajuan Undip menuju universitas berkelas dunia (World Class University).

"Hal ini merupakan cerminan dari kualitas lulusan Undip yang semakin baik, mudah terserap di lapangan kerja, serta berdaya saing global," terang Prof. Yos seperti dikutip dari laman Undip, Jumat (24/9/2021).

Hasil pemeringkatan ini telah menjadi tolak ukur yang dipakai oleh calon mahasiswa baru dan keluarganya dalam menentukan perguruan tinggi. Selain itu juga digunakan perguruan tinggi untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/09/24/170000771/undip-peringkat-1-versi-qs-wur-graduate-employability-rankings-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke