Kompas.com - 26/09/2021, 15:21 WIB
Pembelajaran Tatap Muka di SD N Piyaman 2 Wonosari, Gunungkidul Rabu (15/9/2021) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOPembelajaran Tatap Muka di SD N Piyaman 2 Wonosari, Gunungkidul Rabu (15/9/2021)

 

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) memastikan sampai saat ini tidak ditemukan klaster Covid-19 dari pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas jenjang SMA/SMK dan SLB.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan, dari data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dia terima adanya klaster Covid-19 saat PTM terjadi di jenjang SD dan SMP.

"Data klaster sekolah terhadap Covid-19 secara nasional dari Kemendikbud Ristek yakni 45,97 persen dari jenjang SD dan 19,07 persen dari jenjang PAUD dan SMP," katanya dilansir dari laman Kominfo.Jatimprov.

Baca juga: Siswa, Ini Perbedaan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Gizi Seimbang

Wahid menuturkan dari laporan yang dia terima dari para Kepala Cabang Dinas Pendidikan se-Jatim menyebutkan tidak ada klaster yang terjadi dari PTM jenjang SMA/SMK atau SLB.

"Laporan dari para Kepala Cabang Dinas Pendidikan se-Jatim untuk SMA/SMK SLB di Jatim aman dari klaster Covid-19 sekolah," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski relatif aman, pihaknya tetap melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan PTM jenjang SMA/SMK atau SLB yang berjalan 22 hari untuk mengantisipasi adanya klaster Covid-19.

"SMA/SMK atau SLB telah 100 persen PTM. Untuk evaluasi, yang pertama sekolah melakukan hybrid learning, perpaduan antara tatap muka dan daring," katanya.

Karena tatap muka hanya berlangsung selama dua jam, lanjut Wahid, maka kekurangannya ditambahi pada pembelajaran jarak jauh. Setelah pulang sekolah mengikuti PTM, siswa akan mengikuti pembelajaran jarak jauh di rumah.

"Ini diantisipasi agar siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka tidak nongkrong di kafe bersama teman-temannya," ujarnya.

Kedua, sudah banyak sekolah-sekolah yang memanfaatkan teknologi digital sehingga memungkinkan pembelajaran PTM di kelas bisa diikuti secara langsung oleh siswa yang mengikuti pembelajaran dari rumah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.