Kompas.com - 26/09/2021, 15:13 WIB
Ilustrasi orangtua yang sedang menemani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) saat pembelajaran daring. DOK. PEXELSIlustrasi orangtua yang sedang menemani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) saat pembelajaran daring.
|

KOMPAS.com - Semakin maju perkembangan zaman, layanan pendidikan bisa diakses semua pihak. 

Pemerintah pun telah mengeluarkan berbagai program agar hak-hak yang menunjang pendidikan bisa dirasakan semua anak usia sekolah.

Tak hanya bagi siswa reguler, tapi pendidikan juga bisa dirasakan Warga Negara Berkebutuhan Khusus (WNBK) atau penyandang disabilitas.

Tidak hanya menempuh pendidikan sebatas jenjang sekolah, namun siswa berkebutuhan khusus juga bisa melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 pada Anak Penting Dilakukan, Ini Kata Dosen Unpad

Kembangkan aplikasi bagi mahasiswa berkebutuhan khusus

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membahas pengembangan aplikasi khusus bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekretaris LPPM Oce Wiriawan mengatakan, bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan layanan terhadap anak berkebutuhan khusus.

Oleh karena itu, antarperguruan tinggi harus berkolaborasi dalam melahirkan inovasi untuk anak berkebutuhan khusus.

"Unesa punya keunggulan di bidang disabilitas, seni budaya, dan ilmu keolahragaan yang telah kami kembangkan. Kami sangat terbuka untuk diskusi dan berkolaborasi," papar Sekretaris LPPM Oce Wiriawan seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Undip Peringkat 1 Versi QS WUR Graduate Employability Rankings 2022

Mudahkan mahasiswa yang memiliki hambatan

Melalui pengembangan aplikasi ini, Unesa berharap dapat mengembangkan berbagai penelitian karya terapan secara berkelanjutan.

Sebagai perwakilan dari UMM, Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Arina Restian mengungkapkan, tentang tujuan dari pembuatan aplikasi difabel tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.