Kompas.com - 22/09/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi Covid-19 KOMPAS.COM/HANDOUTIlustrasi Covid-19
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia saat ini tengah mewaspadai masuknya Covid-19 varian Mu dari luar negeri.

Kewaspadaan itu muncul usai Covid-19 varian Mu merebak di 49 negara di dunia.

Sejak pertama kali ditemukan di Kolombia, Covid-19 varian Mu yang memiliki nama lain B 1.621, sudah menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Undip Buka PTM Terbatas, Kapasitas Maksimal Hanya 25 Persen

Tercatat, hingga Selasa (21/9/2021), Covid-19 varian Mu telah ditemukan di Finlandia, Korea Selatan, Ekuador, hingga Jepang.

Melihat adanya peluang penularan Covid-19 varian Mu di tanah air, dua dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yaitu Tonang Dwi Ardyanto dan Hendrastutik Apriningsih menyampaikan sejumlah hal kepada masyarakat untuk bersiap menghadapi mutasi baru Covid-19 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Tonang Dwi Ardyanto yang menyebut ada atau tidak adanya varian baru Covid-19, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu, Tonang yang juga Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 RS UNS ini mengatakan, masyarakat harus tetap mendapatkan vaksinasi Covid-19, walau tingkat efektivitas vaksin terhadap varian baru Covid-19 akan menurun.

"Menurut kita fokusnya adalah tidak mencari yang Mu yang mana. Jadi, tenang saja tetap jaga protokol kesehatan. Tentu vaksin tetap kita jalankan. Ada tidak ada vaksin harus Prokes dan ada Prokes pun ya harus vaksin juga. Jadi, dua-duanya kita jalankan dengan baik," kata dia melansir laman UNS, Rabu (22/9/2021).

Tonang menerangkan, ketika muncul varian baru dari hasil mutasi Covid-19, secara logis tingkat efektivitas vaksin akan menurun.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 3 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.