Kompas.com - 21/09/2021, 17:51 WIB
Universitas Diponegoro (Undip) Semarang KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menyusul turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah provinsi dan kabupaten/kota, sejumlah perguruan tinggi bakal menerapkan uji coba perkuliahan atau pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Hal itu juga akan dilakukan Universitas Diponegoro (Undip), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Semarang.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Perguruan Tinggi DKI Jakarta Bersiap Jalani PTM Terbatas

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Budi Setiyono mengatakan, Undip akan melakukan uji coba kuliah tatap muka (PTM terbatas) setelah Ujian Tengah Semester.

"Kita akan memilih mata kuliah tertentu di setiap program studi (jalankan PTM terbatas). Mungkin di setiap program studi ada tiga mata kuliah yang akan diuji coba," ucap Budi melansir laman Undip, Selasa (21/9/2021).

Menurut dia, Undip akan memperhatikan agar kuliah itu bisa berjalan dengan protokol kesehatan (prokes) yang memungkinkan adanya keamanan bagi dosen dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.

"Jadi misalnya, dipersyaratkan peserta yakni mahasiswa sudah vaksin, dosen juga sudah vaksin, lalu kemudian, sedapat mungkin mereka berasal dari daerah yakni kabupaten dan kota di PPKM level 2 ke bawah," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lanjut dia menyatakan, mahasiswa juga diminta melaporkan riwayat kesehatannya.

Lalu kemudian, Undip akan minta agar mahasiswa itu melaporkan berbagai riwayat kesehatan.

"Jadi, ada formulir yang dibagikan ke mereka agar kita bisa mengantisipasi tertentu, terkait dengan kondisi dari mahasiswa tersebut. Kita juga akan memastikan pelaksanaan dari uji coba itu, maksimal kapasitas 25 persen dari setiap kelas," sebut dia.

Dalam rancangan yang disusun, untuk pelaksanaan PTM terbatas nantinya akan diberlakukan sistem bergiliran, sebagian lainnya melakukan secara daring.

Baca juga: PTM Terbatas Telah Mulai di Madrasah hingga Pondok Pesantren

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.