Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Hospital Playlist dan Kegigihan Para Pemainnya

Kompas.com - 16/09/2021, 18:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Jihan Aulia Zahra (*)

KOMPAS.com - Kamis (16/92021) menjadi hari di mana episode terakhir musim kedua drama Korea Hospital Playlist mengudara di layar kaca. Apalagi, sebagai penutup, Hospital Playlist musim kedua ini menayangkan episode terakhirnya dengan durasi yang cukup lama, dua jam empat puluh menit.

Tentu saja hal ini memanjakan dan membekas bagi penontonnya. Karena mulai Kamis esok mungkin akan menjadi hari Kamis yang sepi bagi mereka.

Pasalnya, orang-orang tersebut menantikan hari Kamis hanya untuk menonton episode terbaru dari serial drama Korea yang sarat akan nilai baiknya itu.

Sejak tahun lalu, Hospital Playlist menjadi salah satu drama yang cukup dibicarakan banyak orang karena merupakan drama yang ditulis dan disutradarai oleh drama Korea hits lain seperti Wise Prison Life dan Reply 1988.

Tidak jauh beda dengan kedua drama sebelumnya, Hospital Playlist mengusung genre kehidupan, terutama kehidupan lima dokter rumah sakit besar di Seoul.

Sejak musim pertama, selain sibuk menggambarkan keadaan rumah sakit, Hospital Playlist tidak pernah melupakan adegan latihan band yang dilakukan kelima karakter utama mereka: Lee Ik Jun, Chae Song Hwa, Ahn Jeong Won, Kim Jun Wan, dan Yang Seok Hyeong.

Bersahabat semenjak masa kuliah, kelimanya kini menjadi dokter spesialis di rumah sakit yang sama. Setiap episodenya, adegan latihan band selalu memainkan lagu baru yang berbeda.

Adegan ini memiliki durasi sekitar tiga sampai empat menit, tergantung lama waktu dari lagu yang dimainkan.

Baca juga: 4 Tipologi Grit: Kamu Termasuk yang Mana?

Meskipun hanya tiga sampai empat menit, tetapi penggarapan adegan latihan band ini adalah salah satu yang tersulit. Jauh sebelum memulai syuting, kelima pemain utama diharuskan untuk melakukan latihan instrumen musik selama berbulan-bulan.

Sehingga, adegan latihan band yang ada di setiap episode Hospital Playlist bukan hanya sekadar akting memainkan instrumen saja, tetapi benar-benar memainkan musik secara optimal.

Bahkan, para pemain melakukan latihan bersama selama berhari-hari sebelum melakukan rekaman adegan bermain band untuk memastikan musik yang mereka mainkan bersama sudah tepat dan dapat berterima.

Di luar dari adegan, beberapa dari mereka masih suka memainkan instrumen musik untuk mengisi waktu luang mereka.

Dedikasi mereka terhadap tanggung jawab memenuhi adegan bermain musik cukup tinggi dan dengan berlatih, mereka mengasah keterampilan bermain instrumen musik.

Pada episode 8 musim kedua, pianis dari band yang diberi nama Mido and Falasol ini digantikan oleh seorang pemain suporter, Kim Hae Sook.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com