Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Ketat, Unair Posisi Keempat Kampus Terbaik Versi Mosiur

Kompas.com - 12/09/2021, 07:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah masuk jajaran group rangking 4 sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education World University Rankings 2022, kini posisi Universitas Airlangga (Unair) semakin strategis.

Kali ini, lembaga pemeringkatan Moscow International University Ranking “The Three University Missions” (Mosiur) 2021 merilis informasi pemeringkatan kampus.

Sekarang, Unair berhasil menduduki posisi ke 1.301-1.400 sebagai kampus terbaik dunia atau peringkat keempat terbaik di Indonesia.

Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Unair, Dian Ekowari menjelaskan Mosiur sendiri merupakan lembaga pemeringkatan yang melakukan filtrasi dan kualifikasi pada seluruh universitas di dunia secara mandiri.

Filtrasi tersebut dilakukan secara objektif berdasarkan capaian universitas pada IREG atau Inventory of National Rankings.

Baca juga: Kebocoran Data Jokowi, Pakar Unair: Indonesia Kurang Cyber Security

Termasuk publikasi dan beberapa kriteria terkait program pendidikan lainnya.

“Ini merupakan kali kedua bagi Unair tercatat dalam radar lembaga pemeringkatan Mosiur. Sebelumnya, pada 2020 lalu Unair menempati posisi terbaik kelima di Indonesia,” ungkapnya dilansir dari laman Unair.

Dalam melakukan pemeringkatan, Mosiur menilai kualitas perguruan tinggi berdasarkan tiga misi tradisional universitas, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Terkait tiga aspek itu, Dian mengatakan Unair cukup komprehensif dalam bidang pendidikan.

Pasalnya, Unair memiliki beragam bidang ilmu untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang jumlahnya tidak kurang dari 174 program studi. Kebanyakan dari program studi yang ditawarkan itu, lanjut Dian sudah terakreditasi dengan nilai A.

Selain itu, Dian juga menjelaskan bahwa dari data pemeringkatan lain, seperti QS WUR, jumlah rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa Unair berada di indeks yang baik, yakni 8,96.

Baca juga: 15 Produk Inovasi Penanganan Covid Hasil Kolaborasi Unair dan Mitra

Hal itu menunjukkan bahwa satu dosen bertanggung jawab terhadap pendidikan dan pengajaran pada 9 mahasiswa, sehingga kualitas ilmu yang tersampaikan kepada mahasiswa cukup baik.

“Selanjutnya, keunggulan pada aspek pendidikan juga mendukung Unair pada kualitas dua aspek lainnya yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat,” imbuhnya.

Ke depannya, Dian menuturkan bahwa usaha peningkatan kinerja Universitas akan selalu dilakukan tanpa henti.

Usaha ini, diupayakan diberbagai aspek serta memastikan bahwa sebagai institusi Pendidikan, Unair dapat memberikan dampak baik secara local, nasional dan global.

Untuk Mosiur, Unair berusaha mencapai peringkat 1.000+ dunia pada tahun 2022 dan mampu menembus peringkat 750+ dunia di akhir 2024.

“Target tersebut akan kami upayakan dengan fokus pada keunggulan yang saat ini telah dimiliki sembari terus meningkatkan aspek-aspek lain dan bersinergi dengan berbagai universitas di Indonesia maupun global,” pungkas Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com