Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unand Raih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

Kompas.com - 11/09/2021, 12:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand), menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional tahun 2021.

Sebanyak 646 perwakilan mahasiswa terbaik Indonesia berlaga secara daring pada 7-9 September 2021 untuk meraih predikat "Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional".

Pada Pilmapres 2021 ini Refa berhasil keluar sebagai pemenang dengan menyisihkan 642 peserta mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Raihan ini adalah yang pertama kali dicapai Unand sejak pelaksanaan Pilmapres pertama tahun 1986. Capaian ini sekaligus melengkapi hadiah ulang tahun Unand yang ke-65 pada Lustrum XIII Unand.

Baca juga: Ditjen Diktiristek Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa, Simak Posisi dan Syaratnya

Mengusung tema Gagasan Kreatif dengan fokus pemanfaatan gambir sebagai obat kanker paru, Refa yang sejak tahun 2018 memenangi 53 perlombaan tingkat internasional dan nasional ini berhasil memukau para juri.

“Para juri sangat tertarik dengan gagasan kreatif dan deskripsi diri yang saya paparkan,” ujar Refa dirangkum dari laman Unand, Sabtu (11/9/2021).

Wakil Rektor III Unand Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Insannul Kamil mengatakan capaian ini adalah sejarah bagi Unand, karena untuk pertama kalinya perwakilan Unand meraih prestasi tertinggi mahasiswa tingkat nasional.

“Unand beberapa kali masuk final Pilmapres, tapi tidak pernah juara. Tahun ini kita lakukan evaluasi, semua perlombaan tingkat nasional langsung dikoordinir bidang kemahasiswaan universitas, kita bentuk tim pendamping, Alhamdulillah kita langsung juara satu,” ujar Insannul.

Perwakilan Unand pada Pilmapres tahun 2021 ini didampingi oleh tim yang diketuai oleh Haiyyu Darman Moenir yang juga menjabat Wakil Dekan III Fisip Unand.

Baca juga: 6 Mahasiswa Terbaik di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

Tim pendamping mempersiapkan Refa mulai dari persiapan naskah hingga diskusi-diskusi di babak final.

“Kami dari tim pendamping bekerja all out untuk memenangkan Refa, semua kebutuhan Refa kami fasilitasi, pertama kalinya metode ini kami terapkan,” ujar Haiyyu.

Ajang Pilmapres ini merupakan perlombaan mahasiswa berprestasi yang mempertemukan mahasiswa terbaik se-Indonesia yang diukur dari berbagai bidang capaian, baik itu prestasi akademik dan non-akademik, organisasi, penghargaan dan publikasi, serta keterlibatan dalam masyarakat.

Capaian ini melengkapi kebahagiaan Unand yang baru saja disahkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke-13 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com