Kompas.com - 11/09/2021, 12:19 WIB
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand), menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional tahun 2021. Dok. UnandRefa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand), menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional tahun 2021.

KOMPAS.com - Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand), menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional tahun 2021.

Sebanyak 646 perwakilan mahasiswa terbaik Indonesia berlaga secara daring pada 7-9 September 2021 untuk meraih predikat "Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional".

Pada Pilmapres 2021 ini Refa berhasil keluar sebagai pemenang dengan menyisihkan 642 peserta mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Raihan ini adalah yang pertama kali dicapai Unand sejak pelaksanaan Pilmapres pertama tahun 1986. Capaian ini sekaligus melengkapi hadiah ulang tahun Unand yang ke-65 pada Lustrum XIII Unand.

Baca juga: Ditjen Diktiristek Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa, Simak Posisi dan Syaratnya

Mengusung tema Gagasan Kreatif dengan fokus pemanfaatan gambir sebagai obat kanker paru, Refa yang sejak tahun 2018 memenangi 53 perlombaan tingkat internasional dan nasional ini berhasil memukau para juri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Para juri sangat tertarik dengan gagasan kreatif dan deskripsi diri yang saya paparkan,” ujar Refa dirangkum dari laman Unand, Sabtu (11/9/2021).

Wakil Rektor III Unand Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Insannul Kamil mengatakan capaian ini adalah sejarah bagi Unand, karena untuk pertama kalinya perwakilan Unand meraih prestasi tertinggi mahasiswa tingkat nasional.

“Unand beberapa kali masuk final Pilmapres, tapi tidak pernah juara. Tahun ini kita lakukan evaluasi, semua perlombaan tingkat nasional langsung dikoordinir bidang kemahasiswaan universitas, kita bentuk tim pendamping, Alhamdulillah kita langsung juara satu,” ujar Insannul.

Perwakilan Unand pada Pilmapres tahun 2021 ini didampingi oleh tim yang diketuai oleh Haiyyu Darman Moenir yang juga menjabat Wakil Dekan III Fisip Unand.

Baca juga: 6 Mahasiswa Terbaik di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021

Tim pendamping mempersiapkan Refa mulai dari persiapan naskah hingga diskusi-diskusi di babak final.

“Kami dari tim pendamping bekerja all out untuk memenangkan Refa, semua kebutuhan Refa kami fasilitasi, pertama kalinya metode ini kami terapkan,” ujar Haiyyu.

Ajang Pilmapres ini merupakan perlombaan mahasiswa berprestasi yang mempertemukan mahasiswa terbaik se-Indonesia yang diukur dari berbagai bidang capaian, baik itu prestasi akademik dan non-akademik, organisasi, penghargaan dan publikasi, serta keterlibatan dalam masyarakat.

Capaian ini melengkapi kebahagiaan Unand yang baru saja disahkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke-13 di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.