Kompas.com - 11/09/2021, 12:00 WIB
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya pinjaman online (pinjol) ilegal melalui media mural. Tangkap layar laman UM SurabayaMahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya pinjaman online (pinjol) ilegal melalui media mural.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belakangan ini berita mengenai pinjaman online (pinjol) illegal kerap muncul di media.

Karena edukasi dan sosialisasi yang kurang, sebagian masyarakat justru memanfaatkan fasilitas ini tanpa tahu risiko yang bisa menimpa.

Pinjaman dengan syarat yang mudah ini dinilai menggiurkan masyarakat dan terlena untuk meminjam uang dari pinjol ilegal. Padahal meminjam uang dari pinjol ilegal ini mendatangkan bunga yang cukup tinggi.

Untuk mengingatkan masyarakat bahaya pinjaman online (pinjol) illegal, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) mencoba memberikan edukasi ke masyarakat dengan cara berbeda.

Baca juga: TikTok Buka Lowongan Magang Media Sosial bagi Fresh Graduate

Edukasi bahaya pinjol ilegal

Mahasiswa UM Surabaya yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (Hima-PS) melakukan aksi kreatif untuk mengingatkan masyatakat melalui media mural.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Koordinator mahasiswa Ainul Yaqin menjelaskan, pinjol illegal saat ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab sebagai modus penipuan.

Menurut dia, maraknya kasus penipuan di tengah krisis ekonomi selama pandemi Covid-19 penting menjadi perhatian bersama.

"Bunga pinjaman pinjol jelas mencekik, selain itu juga, adanya penyalahgunaan data-data privasi yang disebar ke orang-orang terdekat jelas berbahaya," terang Ainul seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Sabtu (11/9/2021).

Ainul menerangkan, pihak pinjol ilegal juga tak segan-segan memberikan sedikit teror membabi buta didapatkan peminjam yang terlambat membayar.

Melalui media mural, lanjut Ainul, para mahasiswa ingin selalu mengingatkan masyarakat tentang bahaya pinjol illegal. Mural yang setiap hari dilewati orang bisa menjadi media pengingat yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.