Kompas.com - 11/09/2021, 11:27 WIB
Pilmapres Dok. Kemendikbud RistekPilmapres

KOMPAS.com - Melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 guna mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Sebanyak 646 perwakilan mahasiswa terbaik Indonesia berlaga secara daring pada 7-9 September 2021 untuk meraih predikat "Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional".

Pada Pilmapres 2021, dipilih mahasiswa berprestasi jenjang sarjana dan mahasiswa berprestasi jenjang diploma. Dewan juri pada Pilmapres 2021 ini berasal dari praktisi dan para akademisi pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga: ITS Masuk 8 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, Ada Kampus Kamu?

“Halo #SobatPrestasi jenjang pendidikan tinggi! Pusat Prestasi Nasional mengucapkan selamat kepada para pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tingkat Nasional Tahun 2021 untuk program sarjana dan diploma,” tulis akun Ditjen Dikti, Jumat (10/9/2021).

Merangkum laman Kemendikbud Ristek, salah satu tujuan diselenggarakannya Pilmapres 2021 adalah untuk untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para mahasiswa peserta Pilmapres 2021 mengajukan gagasan kreatif mereka dalam pembangunan untuk dinilai oleh dewan juri. Gagasan kreatif yang berasal dari kampus ini diharapkan bisa diimplementasikan dalam pembangunan sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Untuk kategori Mapres Sarjana, aspek penilaiannya yaitu portofolio melalui wawancara, naskah gagasan kreatif, penyajian gagasan kreatif dengan media poster, format video presentasi dalam bahasa Inggris; dan komunikasi bahasa Inggris.

Kemudian untuk kategori Mapres Diploma, aspek penilaiannya adalah portofolio melalui wawancara, naskah produk inovatif, penyajian produk inovatif dengan media poster, format video presentasi dalam bahasa Inggris, dan komunikasi bahasa Inggris.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Berikut mahasiswa pemenang Pilmapres 2021 jenjang Sarjana (S1):

1. Refa Rahmaddiansyah, Universitas Andalas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.