Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2021, 08:36 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah harus dipersiapkan sejak duduk di bangku SMA/SMK. Jadi, ketika kuliah bisa menjalaninya dengan baik.

Untuk itulah siswa yang berencana kuliah harus punya persiapan yang matang agar tidak salah pilih jurusan kuliah.

Namun lain ceritanya dari mahasiswa yang satu ini. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta angkatan 2018, Nugroho Hasan salah pilih jurusan.

Baca juga: Mahasiswa Jurusan Matematika, Ini 5 Cara Belajar yang Efektif

Tetapi, dia justru malah menjadi mahasiswa berprestasi di UNS. Hasan, begitu sapaannya selalu menorehkan banyak prestasi.

Ia berhasil memenangkan beberapa lomba esai baik pada tingkat nasional maupun internasional. Hasan yang berasal dari Kabupaten Magelang ini bercita-cita menjadi seorang dosen nantinya.

Melansir laman UNS, Jumat (10/9/2021), Hasan pernah menorehkan prestasi pada lomba esai nasional dan internasional sebanyak tiga kali, juara lomba poster tingkat nasional satu kali, dan lomba projek nasional sebanyak dua kali.

Hal ini mengantarkannya sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) FP UNS. Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai pemenang kedua ajang Mawapres tingkat universitas.

Tak heran, sederet prestasi berhasil diraihnya karena Hasan ingin menjadi lebih daripada yang dibayangkan sesuai dengan motto hidupnya.

"Tidak perlu lebih baik dari orang lain, tapi menjadi lebih daripada yang dibayangkan," ucapnya seperti dikutip dari laman UNS.

Tetapi, semua itu karena dia salah pilih jurusan kuliah. Awalnya, ia menjatuhkan hati pada bidang teknik. Namun, karena tidak diterima pada jurusan teknik, sesuai arahan orang tuanya, ia mengambil jurusan PKP.

Menurutnya, dulu ia ingin masuk teknik tapi dari SBMPTN dan jalur mandiri tidak diterima di teknik. Kemudian, disarankan orang tua untuk masuk ke pertanian.

Di jalur Mandiri UNS, dia search pertanian adanya Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Dia juga tidak tahu kalau di FP ada Jurusan Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, ITP, dan Peternakan.

Baca juga: Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah, Mahasiswa ITS Gagas Platform Ini

"Ya sudah, akhirnya keterima di PKP dengan terpaksa. Tapi, ternyata ketika dijalani kok sesuai dengan passion saya ya untuk sering ke lapangan dan bersama masyarakat. Dari situlah muncul rasa keinginan lebih untuk belajar di PKP," terangnya.

Karena salah jurusan itu, Hasan ingin membagikan tips untuk mengatasinya. Menurut dia ada 4 tips, yakni:

1. Jangan bolos

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com