Kompas.com - 06/09/2021, 12:43 WIB
Tak hanya bisa melayani pasien Covid-19, kini robot Raisa buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga bisa sterilisasi Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis. Dok. ITSTak hanya bisa melayani pasien Covid-19, kini robot Raisa buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga bisa sterilisasi Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis.
|

KOMPAS.com - Sejak Maret 2020, Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Akibatnya, berbagai sektor kehidupan manusia menjadi terganggu.

Karena itu, para peneliti Universitas Airlangga (Unair) menciptakan berbagai inovasi dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia.

Seperti Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) Unair memiliki peranan penting dalam pembuatan inovasi berbagai produk.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Cangkang Kerang Jadi Pupuk Organik

BPBRIN merupakan unsur penunjang bagi Unair dalam melakukan proses hilirisasi produk inovasi Unair, pengembangan bisnis rintisan, inkubator bisnis, alih teknologi, serta pengembangan dan pemasaran usaha yang dijalankan Unair.

Melansir laman resmi Unair, Selasa (31/8/2021), Mahendra Tri Arif Sampurna, dr., SpA., selaku Sekretaris BPBRIN menjelaskan setidaknya ada 15 inovasi Unair yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Dalam proses perancangan inovasi tersebut, Unair bekerja sama dengan berbagai mitra terkait.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 15 inovasi hasil kolaborasi Unair dengan berbagai mitra:

1. Rapid Diagnostic Test Kit Anti Bodi RI-GHA19

Rapid Diagnostic Test Kit Anti Bodi RI-GHA19 merupakan inovasi hasil kolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada dan Laboratorium Hepatika – Universitas Mataram.

Produk Rapid Test Covid-19 buatan Indonesia tersebut bermanfaat untuk mengidentifikasi secara cepat individu yang terpapar Covid-19. Saat ini produk Rapid Test Anti Bodi tersebut sudah mendapat izin produksi dan izin edar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.