Kompas.com - 02/09/2021, 11:54 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) terus mengebut proses transformasi atau perubahan bentuk enam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Sekjen Kemenag Nizar mengatakan bahwa usul perubahan bentuk ini sudah diajukan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca juga: Gibran Beri Restu UNS Jalani Kuliah Tatap Muka

Menurut Nizar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan surat ke Kemenpan-RB nomor B-379/MA/OT.00/08/2021 tertanggal 30 Agustus 2021, perihal usul perubahan bentuk enam IAIN menjadi universitas.

Hal ini menandai tahapan lanjutan dari proses tranfsormasi.

"Perjuangan transformasi enam IAIN menuju UIN ini masih membutuhkan beberapa tahapan. Maka semuanya harus bergandengan, kompak dan tentu di bawah kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas," ujar Nizar melansir laman Kemenag, Kamis (2/9/2021).

Dia berharap, semoga semua proses dapat dilalui dengan baik dan segera keenam IAIN ini terwujud menjadi universitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyebut, enam IAIN yang diusulkan berubah bentuk, yakni IAIN Padangsidimpuan, IAIN Pekalongan, IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi, IAIN Salatiga, dan IAIN Cirebon.

Baca juga: IPK Cumlaude, Putri Buruh Tani Jadi Lulusan Terbaik UNY

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan, secara regulasi enam IAIN yang akan berubah menjadi universitas sudah memenuhi standar PMA 20 tahun 2020 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag, Suyitno menyatakan, perubahan bentuk IAIN menuju Universtias harus dibarengi dengan niat dan komitmen untuk berubah.

Jangan hanya berubah statusnya, tetapi atmosfer akademik masih jalan di tempat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.