Kompas.com - 02/09/2021, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat bila lulus kuliah lebih cepat, terlebih bila dilengkapi dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik.

Kamu bisa memulai karier lebih awal, ini memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak dan kesempatan untuk memilih karier yang cocok.

Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa untuk lanjut kuliah jenjang S2 juga terbuka lebar karena kamu dianggap serius dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan studi.

Dan di samping itu semua, orangtua akan bangga dengan prestasi yang kamu dapat, biaya kuliah yang dikeluarkan juga bisa lebih hemat ketimbang kamu menunda lulus kuliah.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Syarat Lulus Kuliah Predikat Cum Laude

Merangkum laman Quipper Campus, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa lulus kuliah lebih cepat:

1. Pahami buku panduan mahasiswa baru

Buku ini biasanya diberikan ketika masa orientasi mahasiswa baru, berisi daftar mata kuliah yang bisa diambil tiap semesternya serta beban SKS yang harus diselesaikan.

2. Buat target IPK tiap semester

Besaran IPK menjadi penentu jumlah SKS yang bisa kamu ambil di semester berikutnya. Semakin besar IPK, semakin banyak pula SKS yang bisa kamu ambil.

3. Hindari mengulang mata kuliah wajib

Sejumlah mata kuliah, seperti mata kuliah wajib hanya bisa diambil di semester tertentu, yaitu semester gasal atau genap saja.

Mengulang mata kuliah bisa membuat kamu harus menunggu tahun berikutnya, di samping mengurangi kesempatan kamu untuk mendapatkan predikat cumlaude saat lulus.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

4. Diskusi dengan dosen

Baik dosen wali maupun dosen pembimbing, kamu bisa mengungkapkan keinginan untuk lulus cepat, termasuk bila kamu ingin mendapatkan predikat cumlaude.

Mintalah bimbingan akademik hingga program belajar untuk mewujudkannya.

5. Ikut organisasi kampus dari semester awal

Mengikuti organisasi kampus dapat menambah keterampilan sekaligus menambah jejaring. Kamu akan lebih kenal dengan senior di kampus, yang juga dapat menjadi pemberi masukan baik untuk target-target studi yang kamu buat.

Di masa depan, jejaring yang luas juga akan membantu kamu terjun ke dunia karier dengan lebih lancar.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa Mahasiswa S1, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.