Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa, Ada 5 Tips Lulus Kuliah Cepat 3,5 Tahun

KOMPAS.com - Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat bila lulus kuliah lebih cepat, terlebih bila dilengkapi dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik.

Kamu bisa memulai karier lebih awal, ini memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak dan kesempatan untuk memilih karier yang cocok.

Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa untuk lanjut kuliah jenjang S2 juga terbuka lebar karena kamu dianggap serius dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan studi.

Dan di samping itu semua, orangtua akan bangga dengan prestasi yang kamu dapat, biaya kuliah yang dikeluarkan juga bisa lebih hemat ketimbang kamu menunda lulus kuliah.

Merangkum laman Quipper Campus, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa lulus kuliah lebih cepat:

1. Pahami buku panduan mahasiswa baru

Buku ini biasanya diberikan ketika masa orientasi mahasiswa baru, berisi daftar mata kuliah yang bisa diambil tiap semesternya serta beban SKS yang harus diselesaikan.

2. Buat target IPK tiap semester

Besaran IPK menjadi penentu jumlah SKS yang bisa kamu ambil di semester berikutnya. Semakin besar IPK, semakin banyak pula SKS yang bisa kamu ambil.

3. Hindari mengulang mata kuliah wajib

Sejumlah mata kuliah, seperti mata kuliah wajib hanya bisa diambil di semester tertentu, yaitu semester gasal atau genap saja.

Mengulang mata kuliah bisa membuat kamu harus menunggu tahun berikutnya, di samping mengurangi kesempatan kamu untuk mendapatkan predikat cumlaude saat lulus.

4. Diskusi dengan dosen

Baik dosen wali maupun dosen pembimbing, kamu bisa mengungkapkan keinginan untuk lulus cepat, termasuk bila kamu ingin mendapatkan predikat cumlaude.

Mintalah bimbingan akademik hingga program belajar untuk mewujudkannya.

5. Ikut organisasi kampus dari semester awal

Mengikuti organisasi kampus dapat menambah keterampilan sekaligus menambah jejaring. Kamu akan lebih kenal dengan senior di kampus, yang juga dapat menjadi pemberi masukan baik untuk target-target studi yang kamu buat.

Di masa depan, jejaring yang luas juga akan membantu kamu terjun ke dunia karier dengan lebih lancar.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/09/02/093038671/mahasiswa-ada-5-tips-lulus-kuliah-cepat-35-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke