Kompas.com - 01/09/2021, 19:15 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Prof. Yoyong Arfiadi mengatakan, pandemi Covid-19 ini telah mengubah banyak hal, termasuk mengubah rencana dan harapan.

Bagi bangsa Indonesia, kondisi pandemi Covid-19 ini jangan sampai menggagalkan cita-cita menjadi negara maju di masa depan.

"Sebelum pandemi, karena bonus demografi yang kita punya ditambah dengan beberapa indikator, banyak yang memprediksi Indonesia akan melompat menjadi negara maju. Bonus demografi ini tentu harus kita manfaatkan, terlebih di masa pandemi ini," terang Prof. Yoyong dalam acara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2020/2021.

Menurut Rektor, kondisi pandemi telah mengajarkan masyarakat akan kebiasaan-kebiasaan baru yang mungkin belum dipikirkan sebelumnya.

Baca juga: Siswa, Selain Alexander Graham Bell 2 Ilmuwan Ini Juga Temukan Telepon

Kemampuan di bidang digital jadi modal penting

Selain itu juga menyebabkan bidang profesi tertentu menjadi menurun kebutuhannya, sedangkan profesi lain meningkat kebutuhannya.

Yoyong menerangkan, kemampuan dalam bidang teknologi infomasi atau kemampuan digital (digital skill) merupakan modal yang penting, di samping pengetahuan dalam bidang studi masing-masing.

Selain hal itu, soft skills merupakan hal yang utama yang harus dipunyai. Bahkan dari banyak pengalaman,soft skills merupakan hal penting yang mendukung seseorang untuk sukses.

Rektor mengungkapkan, Deloitte Access Economics (2017) dalam laporannya memprediksi 2/3 pekerjaan pada tahun 2030 adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan soft skills yang tinggi.

"Semoga dengan pengetahuan dalam bidang studi dan soft skills yang diperoleh selama kuliah dapat menjadi bekal anda untuk meraih sukses," imbuh Yoyong.

Baca juga: Masa Unggah SPTJM Kuota Internet Gratis Diperpanjang 7 September

Kondisi pandemi ini, lanjut Yoyong, juga mempengaruhi mahasiswa yang baru lulus. Salah satunya mempengaruhi caranya untuk memulai karier atau mencari pekerjaan.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.