Kompas.com - 01/09/2021, 13:53 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan kembali menyalurkan bantuan kuota data internet tahun 2021.

Bantuan kuota data internet ini akan dicairkan pada bulan September hingga November 2021. Siswa, mahasiswa, guru dan dosen akan mendapatkan bantuan dengan besaran berbeda sesuai jenjangnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, terkait mekanisme bantuan kuota data, kepala satuan pendidikan perlu segera memutakhirkan dan memperbaharui data siswa, mahasiswa, guru dan dosen dan nomor telpon pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi.

"Harus dilakukan segera karena masuk tahun ajaran baru, banyak murid baru yang harus diisi," tegas Nadiem.

Baca juga: Siswa, Selain Alexander Graham Bell 2 Ilmuwan Ini Juga Temukan Telepon

Masa unggah SPTJM diperpanjang

Melansir dari akun Instagram resmi Kemendikbud Ristek, Rabu (1/9/2021), batas akhir unggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) oleh sekolah untuk Bantuan Kuota Data Internet diperpanjang sampai dengan 7 September 2021.

Kemendikbud Ristek mengingatkan agar kepala satuan pendidikan, tidak lupa untuk segera memutakhirkan data dan nomor ponsel siswa, mahasiswa, guru, serta dosen pada sistem Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Selanjutnya, segera unggah SPTJM pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD Dikdasmen) dan kuotadata.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Baca juga: Akademisi IPB Beri Tips agar Pembelajaran Online Efektif dan Menarik

Penerima bantuan ini yakni mereka yang telah diajukan dalam SPTJM yang sudah diverval pada:

  • vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD Dikdasmen)
  • kuotadata.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Unduh SPTJM paling lambat pada tanggal:

1.  5 September untuk pengajuan September 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.