Tim Siswa Indonesia Borong Penghargaan di Olimpiade Ilmu Bumi Internasional 2021

Kompas.com - 01/09/2021, 10:24 WIB
Tim Indonesi terdiri dari delapan siswa berhasil memborong banyak penghargaan di ajang The 15th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan secara daring (online), 25-30 Agustus 2021. DOK. PUSPRESNASTim Indonesi terdiri dari delapan siswa berhasil memborong banyak penghargaan di ajang The 15th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan secara daring (online), 25-30 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Tim Indonesia terdiri dari delapan siswa berhasil memborong banyak penghargaan di ajang "The 15th International Earth Science Olympiad (IESO)" yang diselenggarakan secara daring (online), 25-30 Agustus 2021.

IESO adalah ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian, meliputi pengetahuan geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi.

Kegiatan diadakan oleh International Geoscience Education Organization (IGEO) yang merupakan organisasi internasional beranggotakan pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian seluruh dunia, baik tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi.

Tahun ini ajang IESO diikuti oleh 34 negara peserta dengan 185 siswa. Tim Indonesia di ajang ini terdiri dari:

  • Eillen Theodora (SMAK Petra 2 Surabaya)
  • Sean Matthew (SMAK Petra 2 Surabaya)
  • Hilman Agung Saputra (MAN 2 Kota Malang)
  • Rani Saraswati (MAN 2 Kota Malang)
  • Andrereza Medya Endrikaputra (MAN Insan Cendekia Lampung Timur)
  • Tania Cresentia (SMAK Immanuel Pontianak)
  • Iqbal Rakha Perdana (SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo)
  • Glady Sajidah Zahra (SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta)

Mereka merupakan siswa terbaik hasil seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Ilmu Kebumian Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Puspresnas: 53 Prestasi Internasional Diraih Pelajar Indonesia di Tengah Pandemi 2021

 

Borong penghargaan

Tim Indonesia dalam IESO 2021 ini berhasil meraih banyak penghargaan, baik untuk kategori perorangan maupun kelompok/tim. Penghargaan yang diraih yaitu:

  • 3 Medali Perak (predikat very good) untuk DMT atas nama Sean Matthew, Iqbal Rakha Perdana, Glady Sajidah Zahra.
  • 4 Medali Perunggu (predikat good) untuk DMT atas nama Eillen Theodora, Andrereza Medya Endrikaputra, Hilman Agung Saputra, dan Tania Cresentia.
  • Predikat good NTFI untuk Rani Saraswati, Andrereza Medya Endrikaputra, Hilman Agung Saputra, Eillen Theodora dan Tania Cresenti.
  • Predikat good ESP untuk Rani Saraswati dan Sean Matthew.
  • Peringkat 7 Mission to Mars untuk Andrereza Medya Endrikaputra.
  • Peringkat 1 Mentor Choice in Earth System Art untuk Iqbal Rakha Perdana.
  • Peringkat 3 Student Choice in Earth System Art untuk Iqbal Rakha Perdana dan Hilman Agung Saputra.
  • Peringkat 2 Student Choice in Art for Art’s Sake untuk Hilman Agung Saputra.

 

Para siswa tersebut menjalani pelatihan dan seleksi melalui 3 tahap pembinaan secara daring selama total 2 bulan di akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021.

Berbeda dengan olimpiade-olimpiade sains lainnya, IESO memiliki banyak kegiatan lomba. Kompetisi pertama adalah Data Mining Test (DMT).

Tes ini merupakan uji kemampuan siswa pada kompetisi ini berupa tes tertulis (written test) dan tes praktik di lapangan (practical test) yang dilakukan secara virtual.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.