Puspresnas: 53 Prestasi Internasional Diraih Pelajar Indonesia di Tengah Pandemi 2021

Kompas.com - 28/08/2021, 08:30 WIB
Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) 4 yang mengangkat tema Menjaga Nyala Api Prestasi di Masa Pandemi Dok. KemendikbudSilaturahmi Merdeka Belajar (SMB) 4 yang mengangkat tema Menjaga Nyala Api Prestasi di Masa Pandemi

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, putra-putri Indonesia terus menorehkan prestasi di berbagai bidang, baik nasional maupun internasional.

Di tahun 2021 ini saja, tercatat 53 prestasi internasional bidang seni, penelitian, dan sains, berhasil diraih oleh peserta didik terbaik Indonesia di bawah binaan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengatakan Puspresnas bertugas untuk memastikan bahwa pemerintah memberi kesempatan seluas-luasnya, juga panggung untuk berekspresi bagi anak-anak Indonesia yang mau dan semangat belajar, serta ingin mengaktualisasikan prestasinya.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Karena kesempatan tersebut, kata dia, merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

"Kita sangat bangga dan bahagia karena punya RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) yang berfokus pada peningkatan daya saing SDM unggul yang disebut talenta nasional,” kata Asep dalam konferensi virtual Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) 4 yang mengangkat tema Menjaga Nyala Api Prestasi di Masa Pandemi, merangkum laman Kemendikbud Ristek, Jumat (27/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asep mengatakan bahwa Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk menyiapkan talenta-talenta unggul Indonesia melalui berbagai ajang kompetisi yang berjenjang dan bertahap, baik nasional hingga internasional.

"Kegiatan Pusat Prestasi Nasional selama ini mampu menyentuh lebih dari kurang lebih 3 juta siswa dan mahasiswa mulai dari tingkat daerah, nasional, hingga dunia," ujar Asep.

Ia mengatakan, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga berpesan agar talenta-talenta yang difasilitasi Puspresnas dapat menjadi inspirasi sebayanya juga bangsa Indonesia.

"Kemudian, yang kedua adalah dapat menjadi pemimpin di bidangnya yang akan menjadi bagian dari penguatan inovasi bangsa ini," kata Asep.

Baca juga: Ingin Kuliah di Korea Selatan? Ada 10 Beasiswa yang Bisa Kamu Ikuti

"Kita juga bangga dan menyaksikan bagaimana semangat itu tidak pernah padam. Kita mendengungkan semangat untuk tidak menyerah, tetap berprestasi dari rumah," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.