Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cover Lagu dengan Bahasa Isyarat, Mahasiswa UNS Cetak Prestasi

Kompas.com - 10/07/2021, 12:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Empat mahasiswa Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih juara dua pada lomba cover lagu bahasa isyarat tingkat nasional.

Keempat mahasiswa yang mencetak prestasi tersebut adalah oleh Wafi Erena, Andika Arfiana Putri, Aulia Yumna Zharifah, dan Yasmine Raudhah.

Tidak ada ketentuan khusus terkait lagu apa yang di-cover, keempat mahasiswa menjatuhkan pilihan untuk melakukan cover lagu berjudul Tenang yang dibawakan oleh Yura Yunita.

“Kami mengambil lagu ini karena sesuai dengan kondisi kami yang sedang hectic saat itu karena bertepatan dengan pekan UAS. Dalam teknisnya, kami melakukan shooting sendiri di rumah atau daerah masing-masing sesuai bagian-bagian yang telah ditentukan,” terang Yasmine, Jumat (9/7/2021), seperti dirangkum dari laman UNS.

Baca juga: UNS Buka Jalur Mandiri Gelombang 2, Ini Cara Daftar dan Biaya Kuliah

Yasmine mewakili teman-temannya berharap agar bahasa isyarat lebih populer di masyarakat.

“Harapan ke depannya, dengan banyaknya lomba-lomba yang melibatkan penggunaan bahasa isyarat seperti ini, bisa memperkenalkan dan membangun kedekatan masyarakat dengar dengan tuli. Semoga dengan banyaknya karya-karya yang diciptakan dari lomba-lomba seperti ini, membuat masyarakat bisa menghargai penggunaan bahasa isyarat dan menjadikan bahasa.isyarat lebih dikenal dan menarik banyak orang untuk mempelajarinya,” paparnya

Mahasiswa UNSDok. Humas UNS Mahasiswa UNS

Terkait penggunaan bahasa isyarat, Yasmine dan kawan-kawan belajar secara otodidak dari Youtube.

Selain itu, mereka meminta bantuan dari kakak tingkat dari UNS maupun luar UNS yang mereka kenal mengenai beberapa kosakata yang tidak diketahui.

Setelah melalui pembelajaran dan mengumpulkan video, akhirnya mereka dinyatakan sebagai juara dua.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

“Pastinya kaget dan senang sekali karena sebelumnya memang agak nggak yakin ya. Ini videonya, kan produk hasil kebut, mungkin bahasa isyarat di dalamnya juga nggak keterima. Apalagi, kami masih mahasiswa semester dua yang masih butuh belajar untuk menguasai bahasa isyarat. Tapi alhamdulillah, kita dikasih kesempatan untuk menang dan menjadi karya terbaik kedua,” ungkap Yasmine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com